Digelar Secara Daring, SXSW 2021 Bakal Menampilkan Grrrl Gang

Setelah tahun lalu festival musik Internasional bernama South By Southwest (SXSW) harus menunda gelarannya secara luring karena pandemi Covid-19, kini secara resmi SXSW telah mengumumkan ihwal kelanjutan festivalnya tersebut. Namun mengingat kondisi belum benar-benar pulih, festival yang sedianya setiap tahun diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat ini harus beralih format menjadi daring dan dijadwalkan akan hadir selama tiga hari, dari tanggal 16-20 Maret 2021 mendatang.

Salah satu headliners dari Indonesia yang dipastikan bakal tampil di SXSW 2021 ini adalah trio jangle-pop asal Yogyakarta, Grrrl Gang. Diumumkan pula mereka bakal tampil bersama puluhan musisi lainnya yang datang dari banyak negara. Melalui laman resminya pihak SXSW mengatakan “Daftar artis musim ini sama internasionalnya dan memiliki cakupan genre seperti acara sebelumnya. Hasilnya adalah pengalaman online yang unik di mana para profesional industri dan pecinta musik dapat menemukan artis dan gaya yang tak tertandingi dari seluruh dunia, memperluas cakrawala pendengar dari rumah mereka sendiri” tulis SXSW.

Sedangkan untuk gelarannya sendiri akan disiarkan secara streaming melalui SXSW Online Connected TV (Apple TV, Fire TV, Roku, Samsung TV Plus, dan Android TV). Selain program showcase musik, SXSW juga akan menghadirkan program talk show yang tak kalah menarik. Salah satu pembicaranya adalah aktivis cum musisi legendaris Willie Nelson dan sejumlah figur penting lainnya.

SXSW dalam format virtual tahun ini akan memberi kesempatan pada seluruh pemegang tiket untuk menikmati penampilan para headliners secara virtual. Selain itu para pemegang tiket juga dapat menikmati berbagai program yang ada di dalamnya, termasuk konferensi, workshop, comedy showcase, music showcase dan masih banyak lagi melalui web SXSW Onlinne. Selain yang dsebutkan barusan SXSW 2021 ini juga bakal menghadirkan konten dalam bentuk VR melalui SXSW Online XR.

SXSW sendiri merupakan salah satu festival musik tertua dan terbesar di dunia. Festival ini dimulai sejak tahun 1987 dan selalu digelar di kota Austin, Texas, Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, SXSW terus berkembang. Acara tahunan ini bukan hanya festival musik, melainkan festival film, media interaktif, konferensi, teknologi dan lain-lain.

Sedikit kembali ke belakang. Tahun 2018 lalu, Gilang Anom Manupu, seorang seniman asal Bandung, ia menjadi salah satu pemenang Go Ahead Challenge (GAC) yang membuatnya bisa berangkat ke Austin, Texas untuk mengunjungi SXSW Festival. Bersama Yahya Dwi Kurniawan, ia berkesempatan membuka jaringan dan melihat berbagai macam pertunjukan musik serta rangkaian konferensi yang membuka cakrawala untuk jadi lebih luas.  Selain berkeliling mengikuti berbagai macam sesi berbagi, ia juga mendukung penampilan Kimokal ft. Wake Up Iris! dan Semiotika di Russian House pada 17 Maret 2018.

Teks: Dicki Lukmana

Visual: Arsip dari South by Southwest (SXSW)

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading