Deruh Dari Lamongan

Lamongan dikenal orang karena produk kulinernya. Soto dan Pecel Ayam Lamongan, menguasai kehidupan banyak orang di Pulau Jawa. Keberadaan Persela Lamongan yang tidak pernah terdegradasi dari liga sepakbola tertinggi Indonesia, juga fakta yang bisa jadi penanda kota. Tapi, bagaimana dengan kesenian?

Musik, memberi jawaban atas pertanyaan itu. Mungkin tidak pernah terpikir di kepala orang banyak kalau di sana ada sekelompok anak muda yang memainkan musik dream pop. Namanya Deruh. Musik mereka segar dan gurih. Band ini baru saja merilis musik video dari single baru mereka yang berjudul Note.

Sebelumnya, di bulan April lalu mereka juga telah merilis satu single berjudul O. Single O ditunjuk sebagai sajian awal mereka sebelum debut album yang akan rilis di tahun ini. Lagu itu bercerita soal bagaimana manusia berterima kasih dan bersyukur tentang segala macam kenyataan yang ada di depan mata. Sementara Note, punya nuansa dream pop yang lebih kental. Lagu ini sendiri diambil dari berbagai macam catatan-catatan dari sang vokalis yang dikenal absurd dan cukup menggemaskan.

Deruh sendiri menjadi bagian dari Pecel Lele Records bersama Woodplane, band lain asal Lamongan. Kemunculan mereka lantas menunjukan ke orang banyak kalau musik merambah dengan sangat cepat dan bisa mencakup banyak tempat. Semua jadi punya kesempatan untuk menunjukan karya mereka.

Deruh beranggotakan Chikod (gitar), Addin (vokal) dan Fikra Zacky (synth). Mereka menjadikan rumah sebagai dapur rekaman sekaligus secara mandiri memproduksi karya-karyanya. Chikod sendiri merupakan pemilik Pecel Lele Records.

Upaya-upaya untuk memperkenalkan karya mereka pun banyak dilakukan. Misalnya, pernah mereka menggelar sebuah intimate showcase yang dihadiri tak kurang dari dua ratus orang. Menurut rencana, Juli mendatang, album penuh mereka akan dirilis.Di dalamnya akan ada delapan lagu yang beraneka rasa. Mulai dari indie pop, dream pop, post rock dan hampir post punk, ada di dalamnya.

Sebelum merilis album secara utuh, Deruh akan mengeluarkan satu single lagi di akhir bulan Juni mendatang.

Sebagai pemanasan, simak dulu video Note di bawah ini:

Layak dinanti, kan? (*)

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip Deruh

Pesan Teddy Adhitya Dalam Ocean

Jika ingin mengenal sosok Teddy Adhitya, bisa dibilang ia adalah seorang storyteller, penyanyi, penulis lagu, produser musik, dan pengembara yang sudah melakukan petualangan bermusiknya sejak tahun 2008 silam. Di tahun...

Keep Reading

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading