Tak cuma fashion yang saat ini sedang sangat digandrungi, barang-barang berbau retro juga kembali menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia terutama anak mudanya. Selain punya nilai cerita tersendiri bagi mereka, barang-barang ini juga ternyata memiliki nilai jual yang cukup tinggi (apalagi untuk barang yang langka). Semakin langka barangnya, maka makin diminati. Mengoleksi barang-barang seperti ini juga bisa dijadikan sebuah investasi. Barangnya pun hadir dari berbagai ranah, mulai dari game, musik, kamera hingga kendaraan.

Berikut kami rekomendasikan beberapa toko yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan barang-barang tersebut:

Solasidos (online)

Toko ini menjadi favorit dari banyak orang yang mencari beragam pemutar musik, baik itu cd ataupun kaset. Koleksinya pun terbilang sangat lengkap, dengan harga yang terjangkau pastinya. Dan juga, barang-barang yang dijual ini kebanyakan masih berstatus baru. Koleksinya antara lain, walkman, discman, radio tape, headphones dan banyak lainnya. Oh ya, toko ini hanya menjual dengan sistem online. Jadi, silahkan kunjungi akun instagramnya.

Jadul Kekinian (online)

Kalian penggemar Nintendo dengan gameboy-nya yang setia menemani masa kecil? Toko ini adalah salah satu favorit yang menjual beragam jenis konsol retro. Dari lini gameboy, toko ini menjual mulai dari jenis advance, advance sp, pocket, dan banyak lainnya. Tidak hanya gameboy, juga ada berbagai macam kaset game, konsol game dari beragam merk, mainan, dan juga diorama dari berbagai game ternama, salah satunya adalah Metal Slug X. Bagi kalian pecinta Nintendo, toko ini wajib untuk dikunjungi.

Main Kamera (offline & online)

View this post on Instagram

Rolleiflex 3.5T #blackfriday sale! 3jt aja

A post shared by mainkamera (@mainkamera) on

Masa-masa kamera analog menjadi primadona kembali lagi. Tak sedikit orang yang melirik lagi barang yang satu ini, selain orang-orang yang memang senang dan hobi di dunia fotografi ataupun yang hanya sekedar menjadikan barang ini sebagai aksesoris pemanis tampilan foto. Karena termasuk barang antik, cukup susah untuk menemukan yang benar- benar menjual kamera analog yang memiliki kualitas bagus. Namun, toko ini bisa menjamin apa yang mereka jual. Sudah ada sejak 20019, di sini kalian akan menemukan beragam jenis kamera dan juga aksesoris pendukungnya. Tak lupa, mereka juga menyediakan jasa servis.

Zero Toys (offline)

Semua pecinta mainan pasti tahu betul toko yang satu ini, terlebih warga Bandung. Yap, Zero Toys namanya. Mereka memiliki daya tarik dan fungsi yang sangat berbeda dengan toko yang lain, yaitu sebagai toko yang menjual mainan sekaligus museum. Berbagai etalase kaca di Zero Toys ini diisi mainan asal Amerika dan Jepang yang sudah sangat langka dan rata-rata berbentuk robot. Satu hal yang unik adalah mereka juga menjual mainan tertentu dari etalase museum agar bisa dibeli para pengunjung. Untuk alamatnya, kalian bisa mengunjungi di Jalan Sunda No. 39A. Bandung.

Mumpung masih awal bulan dan baru saja gajian, tidak ada salahnya untuk menengok toko-toko yang sudah disebutkan di atas. Siapa tahu jadi khilaf.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber