Ada yang kenal dengan mesin Arcade? atau lebih familiar dengan istilah Dingdong? Ya apapun itu, mesin ini sempat menjadi primadona pada masanya. Sebelum adanya era konsol seperti Playstation, Xbox atau Pc game, mesin ini sangat digandrungi selama puluhan tahun lamanya, tak terkecuali Indonesia. Jumlah permainannya pun berlimpah. Mungkin kini hanya sebagian generasi muda yang tau mesin ini bernama Dingdong, jumlahnya pun tak sebanyak dulu. Namun tetap saja, mesin ini masih cukup banyak yang menyukai, walaupun sudah langka.

Baru saja, kantor kami membeli mesin ini. Tapi kondisinya tidak seperti mesin Dingdong pada masa dulu. Bentuknya lebih ringkas dan cukup bisa untuk dibawa-bawa. Untuk mengenang masa kejayaan mesin Dingdong, berikut kami berikan daftar gim pilihan tim. Silakan disimak.

1. Street Fighter

Bisa dibilang kalau Street Fighter lah yang membuat gim berjenis pertarungan bisa sangat digandrungi hingga saat ini. Format permainan yang menghadirkan pertarungan 1 lawan 1 jelas membuat orang sangat ketagihan dalam bermain. Selain itu juga, gim jenis ini memiliki karakter yang jumlah dan bentuknya sangat bervariasi serta memiliki kemampuan yang berbeda di setiap karakternya. Sosok yang paling ikonik dari gim ini siapa lagi kalau bukan Ryu. Seorang petarung yang memiliki tampilan khas berwarna putih, ikat kepala merah dan jurus andalannya yang bernama Hadoken.

2. Pac-Man

Permainan yang masih digandrungi hingga masa sekarang ini telah menjadi bagian dari kultur pop yang mendunia. Selain itu juga, permainan ini sempat dibuatkan live actionnya yang tayang pada tahun 2015 silam. Sistem bermainnya cukup sederhana, hanya berkeliling mengitari bilik-bilik dan memakan titik-titik yang ada. Sederhana tapi bukan berarti tidak susah, setiap tingkatan memiliki tingkat kesulitan yang cukup menyita waktu kita untuk terus bermain.

3. Captain Commando

Permainan ini cukup unik pada masanya, bukan pada sistem bermainnya. Tapi lebih kepada karakter yang ada. Bayangkan anak bayi yang menggunakan robot untuk bertarung, serta ada mummi yang keahliannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Kepopuleran dari permainan ini juga sangat besar, merambah hingga ke ranah konsol Playstation pada saat itu. Tema permainan yang unik, serta variasi musuh yang banyak, menjadi daya tarik tersendiri bagi Captain Commando.

4. The King Of Fighter

Selain Street Fighter yang sudah disebutkan di atas, rasa-rasanya masih kurang jika tidak memasukkan judul yang satu ini. Seri The King of Fighter produksi SNk ini bisa dibilang pesaing yang cukup besar bagi Street Fighter, selain jumlah karakter yang sama banyak, permainan ini memiliki kelebihan di sistem tag team yang dihadirkan. Selain hadir di mesin dingdong, permainan ini juga salah satu yang masih bertahan hingga kini dan hadir di berbagai macam jenis mesin konsol.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber