Dari Kami: Fitur Unik di Gmail

Berkat kecanggihan teknologi saat ini, berkegiatan pun semakin dimudahkan. Seperti halnya untuk mengirim berkas, sejak hadirnya email (electronic mail), semua berkas seperti foto, video ataupun dokumen bisa dengan sangat mudah untuk dikirimkan. Jika dulu kita terbiasa mengirimkan berkas hanya melalui pengiriman semisal pos atau fax, kini kita dimudahkan dengan hanya mengandalkan satu aplikasi saja. Tiap negara pastinya memiliki kebiasaan pemakaian aplikasi yang berbeda, di sini, di Indonesia, mungkin kita sering kali menggunakan Gmail untuk membantu kinerja kita dalam berkegiatan.

Gmail merupakan sebuah produk hasil dari perusahaan besar Google yang diciptakan oleh Paul Buchheit. Kepanjangan Gmail sendiri  adalah Google mail yang berarti layanan surat elektonik dari google. Gmail, yang dikenal sebagai Google Mail di Jerman, dibuat secara luas dan didistribusi untuk umum oleh Google pada tanggal 1 April 2004. Berikut kami hadirkan beberapa fitur yang ada di gmail yang bisa menunjang kegiatan kalian secara mudah.

Smart Reply

Jika kegiatan membalas email sama mudahnya seperti hanya membacanya, mungkin kita tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Tapi, realita tak sejalan dengan ekspetasi, terlebih jika kita sedang dalam sebuah perjalan. Aktivitas untuk membalas email pastinya sangat susah untuk dilakukan. Namun kini, Google menjawab hal itu dengan menghadirkan fitur smart reply. Fitur ini sendiri adalah sebuah prediksi yang muncul saat kita ingin membalas beberapa email tertentu. Tapi, Gmail hanya akan mengaktifkan fitur ini berdasarkan prediksi dari gaya bahasa yang telah kita gunakan sebelumnya. Hal ini dikarenakan Gmail hanya bisa memberikan prediksi jawaban yang singkat dan sederhana. Tapi fitur ini sangat cukup membantu bagi kita yang ingin membalas email dari kerabat dengan cepat untuk memberitahukan kondisi kita saat ini.

Transfer Uang

Seperti aplikasi transfer dana kebanyakan, kini melalui Gmail kita bisa dengan mudah untuk mengirimkan ataupun meminta transferan uang. Syaratnya? Cukup mengunduh aplikasi terbaru dari Gmail di smartphone kesayangan kalian. Caranya cukup mudah, kita cukup mengirimkan uang seperti halnya mengirimkan berkas. Buka aplikasi Gmail, lalu pilih tulis pesan kemudian di sisi kanan atas pilih sisipan kemudian pilih “kirim uang” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Lalu, untuk fitur menerima transferan, kita cukup membuka email yang ada, lalu pilih ingin mencairkan melalui metode apa. Biasanya, kita dibebaskan untuk memilih akan transfer ke bank apa, dan tinggal memasukkan nomor rekening yang kita miliki.

Penjadwalan pesan

Secara teknis, ini adalah fitur baru yang dikeluarkan oleh Google. Tapi, pastinya kita akan sangat menyukai fitur ini. Sebuah kemudahan bagi kita untuk mengatur kebiasaan berkirim pesan dengan sangat rapi. Fitur ini pertama kali rilis bertepatan dengan hari jadi Gmail yang ke 15 tahun. Pada versi web, kita dapat dengan mudah menemukan  fitur ini di samping tombol “Kirim” yang berbentuk panah kecil yang mengarah ke bawah ketika ingin mengirim sebuah pesan. Tekan itu, dan sebuah jendela dengan judul “Jadwal Kirim” akan muncul. Mudah bukan.

Hapus Pesan Secara Otomatis

Sering kali kita salah dalam mengirimkan pesan kepada kerabat, hal ini biasanya terjadi karena sebab kurang fokus atau terburu-buru. Namun, secara baik hati (lagi), Google kembali menghadirkan fitur baru yang berfungsi untuk menghapus pesan tersebut secara otomatis. Fitur ini bisa kita atur berapa lama pesan yang ada di kotak masuk penerima, dengan fitur ini, pesan yang kita kirim tidak akan bisa diteruskan, disalin, diunduh, ataupun dicetak.

Selamat mencoba, semoga membantu kalian dalam berkegiatan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Google

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Tahun ini, Synchronize Fest Balik Lagi Secara Luring!

Penantian panjang akhirnya terjawab sudah! Synchronize Fest memastikan diri akan digelar secara offline pada 7, 8 , 9 Oktober 2022 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Mengusung tema “Lokal Lebih Vokal”,...

Keep Reading

Mocca Gelar Konser di Metaverse

Di ranah musik, kini istilah blockchain bukan lagi suatu hal yang asing. Sebelumnya, penjualan karya lewat NFT sudah banyak dilakukan oleh musisi, kini konser musik di metaverse pun menjadi salah...

Keep Reading

Trailer Film Biopik Sex Pistol Resmi Dirilis

Kabar baik untuk kalian para penggemar Sex Pistols. Baru-baru ini (4/4) FX Networks telah merilis trailer resmi untuk serial film biopik Sex Pistols berjudul “Pistol”. Film yang dikabarkan bakal tayang...

Keep Reading