Karantina dan pembatasan sosial mulai berlaku di berbagai belahan dunia. Hal itu tentu saja dapat memicu kebosanan bila kita tidak melakukan apa-apa. Berdiam diri di dalam rumah memang sesuatu hal yang sangat membosankan. Tapi apa mau di kata, di tengah kondisi yang seperti ini, cara itulah yang paling terbaik.  Lalu, selai bekerja, hal apa saja yang paling enak dilakukan saat masa sekarang ini? Jawabannya adalah menikmati hiburan semacam menonton tentu menjadi kegiatan yang sangat mudah, terlebih dengan adanya layanan streaming film semisal Netflix dan Iflix.

Banyak sekali jenis tontonan yang bisa menjadi penghibur di masa sekarang. Mulai dari komedi, aksi hingga yang bertema tentang penyakit. Nah, film jenis satu inilah yang sedang menjadi fenomena tontonan saat ini. Kemungkinan besarnya adalah masyarakat sedang mencoba untuk mengalihkan rasa khawatir atau sedang mencari jawaban atas kejadian yang sedang berlangsung sekarang ini.

Berikut kami hadirkan 4 rekomendasi film yang wajib ditonton saat masa work from home seperti sekarang. Silahkan disimak.

The Happening (2008)

Film bergenre thriller yang memiliki durasi 90 menit ini diproduksi oleh 20th Century Fox dan mengisahkan tentang sebuah keluarga yang harus berusaha untuk menyelamatkan diri dari peristiwa mengerikan yang sedang berlangsung. Film ini akan memperlihatkan kita tentang bagaimana cara untuk bertahan hidup di tengah kondisi yang selalu mengancam umat manusia akibat adanya virus yang berbahaya. Sebuah virus yang menyebar lewat udara dan akan membuat yang tertular melakukan tindakan bunuh diri tanpa ada alasan dan sebab yang dapat dipahami. Film karya M. Night Shyamalan memang kerap kali mengangkat tema-tema yang tidak umum, cenderung membuat penonton berpikir keras untuk memecahkan misteri yang dia sampaikan.

The Crazies (1973)

Film ini berkisah mengenai keganjilan yang melanda sebuah kota bernama Ogden Marsh, Iowa. Penduduk kota yang ada tiba-tiba menjadi arogan dan bertingkah aneh. Mereka seperti psikopat yang memiliki tendensi ingin membunuh dan melakukan segala pengrusakan. Film ini adalah salah satu film horor yang berhasil membuat jantung berdebar sepanjang film. Sang sutradara mampu membuat film ini begitu menegangkan dan menakutkan tanpa adanya unsur hantu dan mistis. Di sini kita akan banyak melihat adegan yang akan membawa kita ke sensasi ketakutan serta ketegangan yang berasal dari permainan teror.

Outbreak (1995)

Bercerita tentang sebuah Virus  mematikan yang melanda kota California dan menyebabkan banyak kekacauan di mana-mana. Pembawa virus ini adalah seekor Monyet yang diselundupkan ke Amerika dan ternyata mengidap virus yang sangat mematikan dan dapat membunuh orang yang terkontaminasi hanya dalam beberapa jam saja. Manusia dapat terinfeksi melalui mulut, hidung, dan kontak kulit dengan monyet tersebut. Film lama yang merupakan garapan Wolfgang Petersen ini merupakan film bergenre Sci-Fi Thriller. Dan juga selain sederet pemain papan atas yang dihadirkan, kualitas dalam video ini juga patut diacungi jempol, mengingat masa itu belum ada peralatan yang canggih seperti sekarang ini.

Cabin Fever (2002)

Film karya Eli Roth (Hostel) ini adalah sebuah film horror yang menyeramkan sekaligus menyenangkan. Yang menjadikan film ini menarik adalah bagaimana dirinya bisa membangun tensi secara perlahan demi perlahan namun pasti lewat subjek yang hadir. Film ini berkisah tentang sekelompok pemuda yang setelah lulus kuliah, lalu mereka menyewa sebuah pondok di dalam hutan. Dari pondok inilah musibah mulai terjadi, mereka terjangkiti sebuah virus pemakan daging dan dari sekujur tubuh penderita akan keluar darah sampai si korban mati kehabisan darah.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber