5 Merchandise Unik Para Musisi Dunia

Dunia yang bergulir kian pesat ini, kadang-kadang membuat para mahluk di dalamnya menjadi sedikit kewalahan. Semuanya perlu bertahan hidup, dan sialnya khusus untuk manusia, jumlah lembaran uang di dompet, sering menjadi salah satu faktor penentu dari keberlangsungan nafasnya.

Walau bukan segalanya, sistem masyarakat modern telah membuat semua manusia lintas profesi memerlukan uang, entah itu untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, atau demi ilmu pengetahuan agar daftar skill-nya senantiasa bertambah, tidak terkecuali para musisi. Atas nama pundi-pundi, semua peluang perlu mereka cari.

Selain tentunya menjual karya musiknya, salah satu langkah alternatifnya adalah dengan menjajakan merchandise. Biasanya, itu berupa pakaian, tapi ada juga yang sedikit berpikiran liar lalu memproduksi hal-hal diluar kelaziman. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Rammstein’s Dildo Box Set
merchandise unik rammstein
Foto: liquorsite.co

Rammstein itu band gila. Mereka selalu maksimal dalam hal apapun. Bila melihat live production-nya, band industrial metal asal Jerman tersebut seperti sedang memadukan musik dan kemegahan seni pertunjukan yang dibalut dengan teknologi canggih.

Soal merchandise juga tidak kalah nyentrik. Sebagai contoh, band dengan komposisi utama Richard Z. Kruspe (lead guitar, backing vocals),  Oliver “Ollie” Riedel (bass), Christoph “Doom” Schneider (drums) Till Lindemann (lead vocals), Paul Landers (rhythm guitar, backing vocals), serta Christian ‘Flake’ Lorenz (keyboards) tersebut pernah merilis sebuah box set dengan flight case style box dari album Liebe ist für alle da (2009). Selain berisikan CD, borgol, serta dan lubricant, terdapat pula enam buah dIldo yang konon, ukurannya berdasarkan dari besaran penis para personilnya.

  1. Official Tylor Swift Apron and Oven Gloves
merchandise unik taylor swift
Foto: dailyedge.ie

Entah sebesar apa kecintaan Tylor Swift terhadap kegiatan memasak, namun sepertinya cukup bertumpuk hingga penyanyi  berkebangsaan Amerika yang namanya melejit dengan karya-karya semisal Shake it Off, Our Song, dan Wildest Dreams tersebut mencetus ide untuk memproduksi merchandise berupa apron dan oven gloves.

Selain Tylor Swift, band hardrock legendaris, AC/DC, juga pernah memproduksi merchandise berupa oven gloves.

  1. Grimes’ Pussy Rings
merchandise unik grimes
Foto: stereogum.com

Bila kamu menganggap bahwa orang-orang perlu memperhatikan jemarimu, maka dengan memakai cincin ini bisa menjadi salah satu caranya. Siapkan juga mental baja saat mengenakannya. Pasalnya, bentuknya cukup aneh, yaitu menyerupai vagina wanita.

Melalui cincin tersebut mungkin Grims atau Claire Elise Boucher tengah menyampaikan pesan bahwa perempuan harus bangga dengan apa yang dimilikinya. Semoga saja begitu, agar setidaknya bentuk anehnya tidak terlalu kosong makna.

  1. Alice Cooper’s Eyeliner
Foto: hitthefloor.com

Kalian ingin tampak terlihat seperti junkie clown? Maka yang kalian butuhkan adalah Alice Cooper’s unisex mascara: Whiplash! Biarkan benda tersebut menghitami kelopak matamu, alhasil kengerianmu akan bertambah dua kali lipat.

Entah mendapat ilham dari mana penyanyi dengan gelar “The Godfather of Shock Rock” tersebut hingga bisa terpikirkan untuk memproduksi sebuah eyeliner. Pertanyaan lainnya adalah, kenapa poster iklannya menampilkan Alice Cooper yang berbalut aluminum foil? Sepertinya, kurang bagus untuk sebuah pariwara produk kecantikan.

  1. Björk: Utopia Birdcall Box Set
merchandise unik björk
Foto: stereogum.com

“utopia is so much about birdsong and sonically the mutation between synth/bird , bird/flute , flute/synth ……. air like that was a theme through all of the album . so i got very excited when i found these handmade wooden flutes imitating precisely particular birds . and i guess wanted you guys to have an opportunity to share that with me,” ungkap penyanyi asal Islandia dengan nama asli Björk Guðmundsdótti tersebut pada unggahan Instagramnya di tanggal 16 Agustus 2019. Boxset edisi deluxe dari album Utopia (2017) tersebut dirancang khusus oleh M/M (Paris), dan dikemas dalam perspex case berukiran menawan.

Paket itu akan menyertakan USB-C Flash drive berisikan lagu-lagu dari album Utopia beserta video, gambar, serta unreleased instrumental track.  Lalu, ada juga 14 set flute bersuara burung-burung tertentu, dan akan tersedia pula buklet berwarna yang merinci jenis-jenis burungnya serta instruksi pemakaian.

Tentunya, masih banyak lagi musisi-musisi lainnya yang pernah merilis merchandise unik. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa mencarinya sendiri pada berbagai situs pencarian.

Jadi, apa sudah ada band Indonesia yang tertarik untuk merilis sex toys?

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Dari Berbagai Sumber

 

 

Head In The Clouds Balik Lagi ke Jakarta

Perusahaan media serta pelopor musik Global Asia, 88rising, akan kembali ke Jakarta setelah 2 tahun absen karena pandemi pada 3-4 Desember 2022 di Community Park PIK 2. Ini menandai pertama...

Keep Reading

2022, Jazz Gunung Kembali Lagi!

Setelah lebih dari dua tahun berjibaku beradaptasi dengan pandemi, kini pertunjukan musik kembali mendapatkan ruangnya kembali. Satu persatu festival musik muncul lagi. Salah satunya adalah Jazz Gunung yang tahun ini...

Keep Reading

Turtles. Jr Bakal Jajal Rebellion Fest di Inggris

Grup punk rock asal Bandung, Turtles Jr, baru-baru ini telah berbagi kabar gembira. Unit yang dihuni oleh Boentar (drummer), Boodfuck (vokal), Dohem (bass), dan Buux Frederiksen (gitar) ini di tanggal...

Keep Reading

Kolaborasi Artistik Indonesia-Inggris dalam Sebuah Jukstaposisi

Musisi dan produser asal Inggris, T?L? telah merampungkan residensi virtualnya di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dalam program Musicians in Residence Indonesia 2022 yang hadir atas kerja sama antara British...

Keep Reading