Beberapa tahun terakhir ini, Sepatu Compass menjadi salah satu brand lokal yang marak diperbincangkan. Hal itu membuktikkan bahwa merk sepatu asal Bandung yang pertama kali didirikan pada tahun 1998 ini tetap konsisten dalam mengembangkan kualitas produknya dari waktu ke waktu.

Setelah sebelumnya merilis seri “Research & Destroy” dan sempat mengeluarkan produk yang berkolaborasi bersama Kelompok Penerbang Roket , melalui unggahan Instagram-nya pada 2 November 2019, Sepatu Compass mengumumkan akan segera merilis koleksi bernama “Compass 98 Vintage”.

View this post on Instagram

••• @sepatucompass dengan bangga mempersembahkan koleksi Compass 98 edisi Vintage yang mengangkat cerita d zaman sepatu vulkanisir populer pada tahun 1950an. Dibuat dengan menggunakan kain twill dibagian uppernya dan warna krem pada sepatu yang diperuntukan untuk kesan sepatu yang disimpan dan lama tidak dipakai. ARSIP LAMA, GAYA BARU. Bagaimana sebuah arsip lama dilahirkan kembali dengan komunikasi yang modern tanpa meninggalkan estetik dan fungsi utamanya. Tersedia dalam 2 tipe potongan , tinggi dan rendah. Ukuran tersedia dari 36 – 45 EUR , dibandrol dengan harga Rp 378.000 & 418.000. Rilis perdana di acara @urbansneakersociety pada tanggal 8-10 November 2019 di District 8 Jakarta Selatan. . . #sepatucompass #banggabuatanindonesia #compass98vintage

A post shared by Compass® (@sepatucompass) on

“Sepatu Compass dengan bangga mempersembahkan koleksi Compass 98 edisi Vintage yang mengangkat cerita d zaman sepatu vulkanisir populer pada tahun 1950an,” tulis mereka di unggahan Instagram tersebut.

Proses vulkanisir adalah perakitan karet agar menjadi lebih kuat menggunakan temperatur tinggi. Teknik ini termasuk langka apabila dibandingkan dengan teknik membuat sepatu lain seperti menggunakan bahan canvas dan kulit.

Sepatu itu sendiri akan dirilis pertama kali pada perhelatan Urban Sneaker Society 2019 yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 10 November 2019. Kurang lebih ada 1600 pasang sepatu Compass Vintage dan basic yang akan tersedia di acara tersebut.

Pemilihan warna hijau pada identitas koleksi Vintage terinspirasi dari beberapa arsip sepatu vulkan terdahulu. “Compass 98 edisi Vintage bukan semata-mata hanya sebatas desain sepatu, namun koleksi ini adalah sebuah paket pengalaman yang dibungkus secara menyeluruh. Dari box yang didesain khusus sampai pemilihan tema warna yang dipakai pada koleksi ini,” ungkap mereka terkait hal tersebut.

View this post on Instagram

••• Compass 98 edisi Vintage bukan semata-mata hanya sebatas desain sepatu, namun koleksi ini adalah sebuah paket pengalaman yang dibungkus secara menyeluruh. Dari box yang didesain khusus sampai pemilihan tema warna yang dipakai pada koleksi ini. Pemilihan warna hijau pada identitas koleksi Vintage terinspirasi dari beberapa arsip sepatu vulkan terdahulu, kita menggali berbagai arsip lama dari produk yang sudah terlupakan. Bagaimana kami mempresentasikan sesuatu yang sudah lama menjadi sebuah cerita baru di era milenial sekarang ini. Coba membuktikan sebuah konsep tradisional sepatu vulkanisir yang tak lekang tergerus zaman. Dibandrol seharga Rp 378.000 untuk potongan rendah dan Rp 418.000 untuk potongan tinggi. Ketersediaan ukuran mulai dari 36-45 Eur dan pembelian hanya bisa menggunakan kartu debit atau kredit semua bank. Sampai jumpa besok Jumat sampai dengan Minggu di acara Urban Sneaker Society bertempat di District 8 SCBD Jakarta Selatan. Booth dibuka pada pukul 10:00 WIB. . . #sepatucompass #banggabuatanindonesia #compassvintage98 #urbansneakersociety

A post shared by Compass® (@sepatucompass) on

Segala hal pada koleksi “Compass 98 Vintage” adalah usaha Sepatu Compass dalam mempresentasikan sesuatu dari masa lalu kepada generasi sekarang. Juga, produk tersebut merupakan pembuktian bahwa konsep tradisional sepatu vulkanisir tak akan lekang tergerus zaman.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Compass