COLDVVAVE Libatkan Om Robo "Sundancer" di Lagu Terbarunya

Setelah merilis single “The Solemn Respite Of The Cursed Faith” bulan Juni lalu, duo darkwave/electronic asal Yogyakarta, COLDVVAVE, kembali merilis materi baru bertajuk “The Touches Of Disappearing Things”. Kali ini tidak sendirian karena mereka ditemani oleh Om Robo sang gitaris band asal Lombok, Sundancer.

Sebelumnya Om Robo memulai karier bermusiknya di Yogya bersama Coffin Cadillac dan band Surf Rock legendaris The Southern Beach Terror. Di sinilah awal mula Om Robo berjumpa dengan Indra Menus, separuh dari duo COLDVVAVE, yang kala itu keduanya aktif sebagai street team Kongsi Jahat Syndicate, sebuah pengelola gig urakan asal kota tersebut.

Pada 2009 ketika Kongsi Jahat Syndicate melakukan tur ke Bandung, Bogor, dan Jakarta, Om Robo dan Indra Menus secara dadakan mengokupasi panggung bersama Ojie dan almarhum Bagus Jalang (Mortal Combat) mengisi kekosongan Mortal Combat yang tidak lengkap personilnya. Villa Nurdin di Bogor menjadi stage pertama sekaligus terakhir band stoner/doom dadakan yang mereka namakan Krakatau Steel. Ini lah persinggungan musikal pertama antara Om Robo dan Indra Menus. Krakatau Steel sendiri tidak berlanjut menjadi sebuah band serius sementara Om Robo balik ke Lombok dan mendirikan Sundancer.

Maret lalu, Om Robo memutuskan untuk pindah kembali ke Yogyakarta. Minat bermusiknya yang masih menyala membuatnya ingin kembali terkoneksi dengan musik. Perjumpaan kembali dengan Indra Menus membuka obrolan lama yang kemudian berujung dengan ajakan kolaborasi bersama COLDVVAVE.

Diskusi mereka tentang musik yang sejenis dengan COLDVVAVE mengerucut kepada sound band – band Russian Doomer semisal Molchat Doma yang dirasa cocok dengan karakter kolaborasi keduanya. Berlanjut dengan brainstorming jarak jauh bersama Yogi Obluda sebagai programmer COLDVVAVE yang masih menetap di Jakarta untuk membuat basic track dan mengirimnya ke Om Robo untuk mengulik isian gitar.

Kolaborasi antarkota ini kemudian diolah oleh Wednes Mandra (Rabu) yang sejak awal menjadi produser COLDVVAVE. Hasilnya adalah elemen perpaduan elektronika, darkwave dan, post punk yang suram dan dingin layaknya gema dalam goa, diberi judul “The Touches of Disappearing Things”. COLDVVAVE – The Touches Of Disappearing Things (feat. Om Robo of Sundancer) akan dirilis 17 Oktober nanti oleh Relamati Records dalam bentuk kaset single berisi 2 lagu, dengan lagu The Solemn Respite of The Cursed Faith sebagai sisi dua-nya. Rilisan bundling kaset dan t-shirt sudah dibuka pre order-nya via Above Ltd via Whatsapp 081390780400.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Coldvvave

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading