Cerita Dibalik Kisah Bermusik Ricky Virgana

The Bedroom Gigs adalah sebuah arsip berbentuk video hasil ide kreatif dari Future Folk Publishing yang bekerja sama dengan Siasat Partikelir di tahun 2018 silam. Dalam program ini, ada misi khusus yang diemban. Yaitu untuk menghadirkan sebuah sesi dan sisi personal dari para pemusik tanah air.

Di sini mereka akan ditantang untuk menceritakan banyak hal seputar perjalanan berkarya mereka di dunia musik. Hal ini tentu saja sangat menarik untuk dikerjakan, selain bisa menjadi sumber inspirasi, dari cerita mereka kita juga bisa lebih tahu bagaimana sepak terjang para musisi ini di balik gemerlapnya dunia musik saat ini. Semuanya perlu diceritakan secara intim.

 

Ricky Virgana (paling kiri) bersama rekan-rekannya di White Shoes and The Couples Company. (instagram.com/wsatcc)

 

White Shoes And The Couples Company, siapa yang tak kenal mereka? Kolektif pop asal Jakarta ini tentu saja adalah salah satu aset penting dari dunia permusikan tanah air. Ragam ciri yang mereka miliki mulai dari musik hingga berbusana sudah cukup untuk menggambarkan siapa mereka secara utuh. Dari semua yang ada, nama Ricky Surya Virgana adalah yang memegang peran penting dari sisi musikal band tersebut. Dirinya adalah musisi dan sekaligus seniman seni rupa dan musisi yang ada di dalam White Shoes And The Couples Company beserta kelima orang lainnya. Di dalam praktek pengkaryaan, Ricky banyak mengambil peran untuk memproduseri karya band-nya.

 

Cuplikan adegan Ricky Virgana di The Bedroom Gigs. (Arsip SPTV)

 

Band-nya sendiri sudah sangat menarik untuk dibicarakan panjang lebar, tetapi yang paling menarik lagi adalah bagaimana sosok Ricky bisa sebesar dan menjadi salah satu sosok yang diperhitungkan dalam dunia musik. Mengetahui latar belakangnya sebagai musisi, sekaligus keputusan beraninya untuk sekolah musik dan mendalami profesinya sekaligus adalah hal yang mungkin banyak orang belum ketahui.

Ricky, juga dikenal sebagai seorang guru musik, pengalaman musiknya punya banyak dimensi. Tidak sekedar sebagai musisi profesional yang meretas karir di kancah independen, lebih dari itu dirinya punya banyak kontribusi di pendidikan musik, kerja lintas genre dengan musisi lain, serta menyebarluaskan referensi karya yang unik.

Keseluruhan cerita perjalanan karya dari Ricky Surya Virgana yang sangat menarik jelas akan lebih menarik bila disimak bila dirinya sendiri yang menuturkannya. Untuk itu SPTV akan menghadirkan kembali secara ekslusif perbincangan dan penampilan musik secara akustik dari pembetot bass dari White Shoes and The Couples Company ini di The Bedroom Gigs.

 

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Siasat Partikelir

 

SPTV adalah platform ragam arsip dari kreasi audio visual yang dihasilkan oleh grup musik dan musisi yang bisa diakses oleh orang banyak. Berfungsi sebagai gudang dari karya kreasi milik anak negeri, SPTV juga adalah kanal penyiaran alternatif yang menawarkan pilihan program orisinal yang beragam.

Semarak Festival Alur Bunyi Besutan Goethe-Institut Indonesien

Tahun ini, Goethe-Institut Indonesien genap berusia 60 tahun dan program musik Alur Bunyi telah memasuki tahun ke-6. Untuk merayakan momentum ini, konsep Alur Bunyi tetap diusung, namun dalam format yang...

Keep Reading

Head In The Clouds Balik Lagi ke Jakarta

Perusahaan media serta pelopor musik Global Asia, 88rising, akan kembali ke Jakarta setelah 2 tahun absen karena pandemi pada 3-4 Desember 2022 di Community Park PIK 2. Ini menandai pertama...

Keep Reading

2022, Jazz Gunung Kembali Lagi!

Setelah lebih dari dua tahun berjibaku beradaptasi dengan pandemi, kini pertunjukan musik kembali mendapatkan ruangnya kembali. Satu persatu festival musik muncul lagi. Salah satunya adalah Jazz Gunung yang tahun ini...

Keep Reading

Turtles. Jr Bakal Jajal Rebellion Fest di Inggris

Grup punk rock asal Bandung, Turtles Jr, baru-baru ini telah berbagi kabar gembira. Unit yang dihuni oleh Boentar (drummer), Boodfuck (vokal), Dohem (bass), dan Buux Frederiksen (gitar) ini di tanggal...

Keep Reading