Pertarungan elektoral pada beberapa bulan ke belakang berlangsung sangat sengit. Tiap kubu sangat getol memberikan serangan kepada masing-masing lawannya. Dalam beberapa kasus, perselisihan pun terjadi pada taraf yang memalukan sekaligus memilukan. Untuk itu, lega rasanya ketika mengingat bahwa semuanya telah berakhir.

Shaggydog pun merayakan momen perdamaian tersebut dengan merilis single berjudul “Jangan Gontok-Gontokan”. Lagu itu sejatinya lahir di tengah hajatan politik Pemilu 2019 yang puncaknya berlangsung April lalu. “Di tengah kesibukan bermusik, kami sebagai warga negara mengamati bagaimana pesta demokrasi justru bukan perayaan yang menyenangkan,” ungkap mereka pada sebaran rilisan pers.

Shaggydog melihat bahwa pertarungan tersebut ternyata menimbulkan efek negatif yang bisa kita lihat sehari-hari. Rakyat Indonesia menjadi terkotak-kotakkan, terpolarisasi menjadi banyak golongan yang saling sikut. Antara teman bahkan sesama saudara pun tidak luput dari saling gontok. Kebencian tumbuh subur tidak terbendung. Gesekan merambah dunia maya lewat hoaks di sosial media.

Bagi band ska asal Yogyakarta tersebut, saat itu perbedaan tidak lagi dirayakan sebagai hal yang seru. “Keragaman suku dan budaya di bangsa ini tentu menjadi sebuah gem bagi kita semua, kekayaan yang tak ternilai,” kata vokalis Shaggydog, Heru Wahyono.

Single “Jangan Gontok-Gontokan” yang merupakan bagian dari album ke-7 Shaggydog serta hasil dari proses karantina sebelumnya ini telah dirilis secara resmi dalam bentuk video lirik via akun YouTube: TheDoggyTV sejak tanggal 19 Oktober 2019.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip DoggyHouse Records