Cahaya Baru Rasvan Aoki

Masih ada yang ingat betapa manisnya karya perdana dari Rasvan Aoki yang berisikan delapan materi penuh totalitas? Yap album tersebut bernama “Tyaga”, dan dirilis di tahun 2018 silam. Kenapa kami menyebut album itu sangat manis? Sebabnya adalah di album perdana itu, duo asal Surabaya ini menghadirkan musikalitas yang tidak biasa dan penuh akan kerja keras serta kolaborasi di dalamnya. Jika mencari arti dari nama album itu, kata “Tyaga” sendiri diambil dari kosakata dari Bahasa Sansekerta Kuno yang memiliki arti; “berbuat sesuatu yang tulus, tanpa memikirkan hasil akhir.” Ini juga adalah kisah dari keduanya yang selalu bergelut dengan masalah hidup, dan juga masalah dari para kerabat di mana pun berada. Album itu juga lah yang membuat nama Rasvan Aoki semakin dikenal di belantika musik tanah air.

Nah di bulan ini, tepatnya 4 Desember besok, mereka akan kembali lagi dengan materi anyarnya yang diberi judul “Can We Talk?”. Dan spesialnya, mereka tidak hanya berdua, di lagu tersebut juga akan hadir musisi baru bernama Kikoo dan juga Alfred The Alien, yang akan mengisi bagian rap yang ada di lagu baru itu. Dan hal menarik yang akan ditawarkan di single ini adalah warna musik yang mencampurkan jenis dub reggae/poetry-dub, di mana syair/puisi digabungkan dengan musik dub reggae yang sangat khas memiliki delay, reverb, dan over dub.

Kikoo yang profesinya sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu ini adalah orang dibalik terciptanya lagu “Can We Talk?” tersebut. Di lagu ini, dirinya mencoba untuk memvisualisasikan ragam cerita yang pernah dialami olehnya saat di masa-masa 20-an, yang mana kala itu dirinya sedang berperang melawan batinnya yang sedang diantara dua sisi, childish side dan mature side. Di lagu ini, Kikoo secara spesial mendedikasikannya untuk orang-orang terdekatnya, dan dia memiliki harapan besar di lagu ini agar semua orang bisa lebih memperhatikan menyoal kesehatan mentalnya.“If you can’t be their home, at least be the rest area for them. Please learn how to genuinely care with someone and don’t fake it because they actually know when you fake it.” Tutur Kikoo.   

Hal yang lebih menarik lagi adalah masa jumpa antara Kikoo dan Rasvan Aoki terjadi di masa awal adanya pandemi dan bisa dibilang cukup sekejap mata dan tak disangka. Pada awalnya Kikoo muncul di saat Vajra Aoki sedang dalam masa hiatus saat sedang hamil, dan di situlah peran Kikoo menggantikan Vajra untuk sementara waktu. Setelah proses kelahiran, Vajra pun tidak langsung jalan sebagaimana mesti perannya di duo tersebut, dan saat ini dirinya lebih fokus bertindak sebagai produser. Kabar baiknya lagi, Kikoo akan segera meluncurkan debut albumnya di tahun depan. Ide merilis single “Can We Talk” muncul saat Kikoo menggantikan vokalis lama yang kemudian segera diikuti dengan brainstorming penciptaan lagu dan sesi rekaman.

Bekerjasama dengan DoggyHouse Records, single ini akan dirilis 4 Desember 2020 nanti via digital stores. Dalam rangka mempromosikan single tersebut, Rasvan Aoki akan berkunjung ke Jogjakarta dari tanggal 4-6 Desember 2020. Tanggal 4 Desember setelah tapping interview program Jagoan di JIZ FM, mulai pukul 16.00 – 17.00 WIB mereka direncanakan menggelar online press conference melalui IG story @doggyhouserecs yang dipandu oleh Desta MusikJogja dilanjut dengan The Warung Session vol. 21 di Warung Heru bersama Lukman Marjabinie.

Mereka juga akan melakukan intimate gigs bersama Lourentia Kinkin di Loepa Lelah Coffee tanggal 5 Desember kemudian sehari setelahnya melakukan hearing session di MOL Cafe & Space serta ditutup dengan interview program Indiezone bersama Unisi FM radio.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari DoggyHouse Records

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading