Buruknya Perkembangan Teknologi di Balik Nomor Terbaru Esoteric Revelation

Esoteric Revelation telah merilis nomor terbaru mereka yang berjudul “Enmity”. Dalam lagu tersebut, unit nu-deathcore asal Jakarta ini mencoba mengangkat sisi buruk dari perkembangan teknologi masa kini.

Menurut para personel Esoteric Revelation, perkembangan teknologi komunikasi membuat kontak fisik antarmanusia menjadi berkurang. Perkembangan tersebut menjadi pisau bermata dua yang bisa membantu kehidupan manusia sembari merenggut sisi positif dari kehidupan itu sendiri.

“Dulu gue merasa interaksi sesama manusia terasa lebih natural. Sekarang coba lihat di setiap sudut lingkungan lo, banyak anak kecil yang emang ngumpul tapi hampir semuanya megang hape. Buat kita yang sudah dewasa pun banyak kejadian seperti ini, kaya lo lagi ngumpul dan ngobrol, tapi ada aja salah satu yang lebih fokus ke hapenya dan nyuekin yang lain. Menurut gue keadaan kaya gini mengikis sedikit rasa hormat kita kepada sesama manusia,” ujar vokalis dan penulis lirik Hendro Prasetyo dalam keterangan pers mereka.

“Gawai banyak digunakan oleh para orang tua untuk ngediamin anaknya yang lagi tantrum, menurut gue itu akan memengaruhi tumbuh kembang si anak. Kalau sampai ketergantungan bisa buruk banget. Zaman sekarang juga lebih banyak orang berani ngomong seenaknya di media sosial karena punya senjata bernama handphone. Mereka bisa ngumpetin muka aslinya dan memberi hal negatif ke hidup orang lain lewat hapenya. Hal tersebut menurut gue adalah penyakit kanker serius yang berkembang di masyarakat,” tambah Herru Setyawan, drummer band ini.

Esoteric Revelation mengaku bahwa “Enmity” sedikit berbeda dari karya-karya mereka sebelumnya. Di lagu ini, mereka berusaha memberi nuansa yang lebih catchy dengan aransemen musik yang padat dan hook vokal di chorus. Strukturnya lebih pop, karena memang dalam segi penulisan lagu, mereka ingin meramu musik yang lebih sederhana, lebih mudah didengar, namun tetap eksperimental dan heavy. Dengan bumbu musik elektronik melalui penggunaan modular synth.

Proses produksi mereka lakukan secara mandiri di Pureless Records dan proses mixing, mastering, dan editing dikerjakan oleh Agil Alsyathiri.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Estoric Revelation

Gelisah Tak Punya Uang, MRNMRS Rilis Lagu Baru

“Money” merupakan judul dari nomor terbaru MRNMRS yang dirilis pada Kamis (2/12). Dalam lagu tersebut, trio asal Bandar Lampung tersebut mencoba mengangkat situasi dunia yang membuat para musisi seperti mereka...

Keep Reading

Rock In Solo Kembali Hadir dalam Format Bebeda

Setelah beberapa tahun vakum, salah satu festival musik rock raksasa yang berbasis di Jawa Tengah, Rock In Solo, akhirnya datang lagi di bulan Desember ini. Di tengah terpaan pandemi yang...

Keep Reading

Seperangkat Alat untuk Menopang Rumah Tanggamu dari Radiohead

Radiohead telah mengumumkan sekumpulan merchandise untuk mendukung promosi album kompilasi plus plus mereka, Kid A Mnesia. Beberapa barang dagangan band asal Inggris ini lumayan bisa dijadikan kado pernikahan untuk pengantin yang...

Keep Reading

The Hauler Rawk yang Bangkit dari Reruntuhan Palu

Bicara soal musik di Kota Palu ternyata bukan lah mantan wakil wali kotanya saja. Kota tersebut juga menjadi tempat bersemayam banyak pembawa musik keras yang aktif mengeluarkan karya. Setelah sebelumnya...

Keep Reading