Paradigma bahwa acara musik sulit dilangsungkan pada saat Bulan Ramadhan, pelan-pelan dikikis oleh sejumlah orang muda yang berani mengambil resiko. Tiga kolektif, Studiorama, Noisewhore dan Pesona Experience, mengundang Japanese Breakfast ke Jakarta.

Band milik Michelle Zauner ini, datang dan menjadikan Jakarta salah satu tujuan turnya. Pertunjukan bertempat di Rossi Musik Fatmawati yang makin hari makin panas udaranya. Japanese Breakfast yang punya nuansa racikan vokal dreampop dan gitar shoegaze ini menghadirkan sebuah pengalaman intim yang menyenangkan bagi semua yang datang malam itu.

Kehangatan berhasil dihadirkan lewat serangkaian cerita, keinginan menyapa orang-orang yang datang dan tentunya musik yang masuk di selera. Zauner bahkan menceritakan pengalamannya makan mie kari ayam ala Indonesia.

Hampir semua single mereka dimainkan. Mulai materi dari album Psychopomp hingga album Soft Sounds from Another Planet yang masuk radar banyak kritikus musik dan digadang-gadang sebagai salah satu album terbaik di 2017.

Pasti malam itu, Japanese Breakfast membuat hidup orang jadi lebih keras; baik yang susah bangun keesokan harinya atau terus menerus diserbu demam lagu-lagu mereka yang masih terngiang di kepala. (*)

Teks: Maulana Hidayat
Foto: Studiorama/ Noisewhore/ Pesona Experience