Buku Baru John Densmore (The Doors)

Setelah sukses dengan dua buku nya terdahulu, “Riders on The Storm: My Life with the Doors and Jim Morrison” (1990) dan” The Doors Unhinged: Jim Morrison’s Legacy Goes on Trial” (2010), kini John Densmore akan merilis lagi buku baru yang berjudul “The Seekers: Meetings With Remarkable Musician” pada bulan November tahun ini. Berdeda dengan dua bukunya yang telah ia rilis, dalam buku barunya ini selain merefleksikan proses kreatif dirinya sendiri bersama The Doors, Densmore akan menceritakan juga bagaimana perjalanannya di industri musik bersama teman-teman musisi sejawatnya, seperti Janis Joplin, Patti Smith, Paul Simon, Bob Marley, Jerry Lee Lewis, dan pentolan dari band legendaris Velvet Underground, Lou Reed. Bahkan relasinya dengan tokoh spiritual Budha, Dalai Lama, turut ia tuangkan dalam tulisannya.

Buku ini diterbitkan oleh Hachette Books. Untuk sampulnya sendiri dikerjakan secara khusus oleh salah satu ikon seniman jalanan yang karya visualnya bertanggung jawab atas kemenangan Barack Obama satu dekade silam, Shepard Fairey a.k.a Obey. “untuk sampulnya, saya membayangkan permadani dengan banyak tokoh epik yang utasnya terkait dengan John Densmore sendiri, jantung yang berdebar dan pendongeng,” ungkap Fairey.

Dalam pendahuluan bukunya, Densmore mengungkapkan bagaimana bangganya ia dapat bergabung bersama The Doors dan bertemu sekaligus terlibat secara emosional dengan musisi-musisi hebat pada jamannya. “Karena keberuntungan saya, saya mendapat kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan beberapa orang yang luar biasa. Menjadi anggota The Doors dan memiliki akses yang tidak biasa adalah salah satu berkat terbesar dalam hidup saya,” tulis Densmore, dilansir dari Entertainment Weekly.

Buku John Densmore 'The Seekers: Meetings With Remarkable Musicians'

“Saat kami mencoba untuk mengumpulkan semua yang kami bisa dari ikon-ikon ini, perhatikan bahwa mereka telah mencapai status yang ditinggikan ini bukan dengan mengejar dunia luar, tetapi dunia suara batin. Sebagian besar artis ini tentunya adalah idola di mata publik, tetapi insentif awal mereka datang bukan dari keinginan untuk mendapatkan persetujuan dari luar, tetapi dari keinginan batin — dorongan yang hampir tak terhentikan untuk menciptakan sesuatu.” lanjut Densmore.

John Densmore sendiri merupakan drummer The Doors yang sudah bergabung sejak band itu didirikan oleh rockstar ikonik Jim Morrison, Ray Manzarek, dan Robby Krieger pada tahun 1965. The Doors sendiri adalah kelompok musik yang semua personilnya melek dengan dunia Sastra. Selain berpengaruh terhadap karya-karya The Doors hal ini pun berpengaruh pada setiap kehidupan pribadi personilnya. Maka tak aneh jika kebiasaan mereka membaca karya-karya sastra dunia mempengaruhi juga John Densmore hingga masa tua dan produktif menulis buku.  

Selain John Densmore, frontman dari Wilco, Jeff Tweedy juga akan merilis buku baru berjudul How to Write One Song: Loving The Things We Create and How They Love Us Back, yang  direncanakan rilis pada bulan Oktober mendatang. Buku ini sendiri menceritakan kiat-kiat membuat lagu sekaligus bagaimana proses kreatif Jeff selama berkarir bersama Wilco.

Kedua buku tersebut sangat layak ditunggu dan bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luangmu di rumah nanti.      

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip entertainment weekly
 

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading