Bocoran 10 Lokasi Panggung Festival Rock In Celebes 2021

Festival musik adalah kuil bagi para pecinta musik. Di sana kalian bisa mendapatkan banyak hal tentang apa yang kalian cintai selama ini, mulai dari pertunjukan epik dari sederet band atau musisi, berjejaring dengan kawan baru, sampai berburu merchandise.

Di akhir tahun ini, salah satu festival musik terbesar di Indonesia Timur bernama Rock In Celebes kembali dengan agenda besarnya. Tak tanggung-tanggung, festival yang rencananya akan digelar selama 10 hari, dari tanggal 10-19 Desember 2021 ini akan menyajikan pertunjukan yang cukup berbeda. Selain akan digelar secara luring, melalui akun media sosial dan website resminya, Rock In Celebes juga sudah menginformasikan 10 venue yang nantinya akan dijadikan medan laga bagi para musisi.

10 panggung di lokasi berbeda-beda tersebut diantaranya; Gedung Kesenian Sulawesi Selatan/Societeit De Harmonie (10 Desember), Auditorium RRI (11 Desember), Fort Rotterdam (12 Desember), Chambers Shop (13 Desember), Rooftop Garden Nipah (14 Desember), Podium Lapangan Karebosi (15 Desember), Monumen Mandala (16 Desember), Phinisi Point (17 Desember), Celebes Convention Center (18 Desember), dan hari terakhir di Pelataran Trans Studio Mart (19 Desember).

Selain menghadirkan 10 venue, tahun ini Rock In Celebes juga secara spesial akan akan meluncurkan sebuah karya berupa buku yang berisi rangkuman perjalanan festival utama Rock In Celebes selama 10 tahun (2010-2019) hingga perjalanan 100 tahun musik populer di Makassar.

Buku yang ditulis oleh Anwar Jimpe Rachman ini akan diluncurkan secara spesial tepat pada perayaan Rock In Celebes 2021. Bagi pengikut Rock in Celebes, terlebih pecinta musik dan sejarah, buku ini bisa jadi salah satu keping harta karun yang di wariskan dan patut untuk dimiliki. Buku ini akan banyak membahas soal sejarah panjang musik (jejak sejarah musik di Makassar, kekuatan dan pengaruh musik rock di Indonesia secara menyeluruh, dan tentu saja kaitannya dengan festival Rock in Celebes.

         Baca juga: Rock In Celebes Luncurkan Buku tentang Geliat 100 Tahun Musik di Makassar

Buku tersebut dibubuhi juga pengantar oleh Andi Fadly Arifuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Fadly, pentolan band kenamaan Padi. Dalam pengantarnya, Fadly menyebutkan bahwa Rock In Celebes merupakan bagian penting dalam evolusi industri pertunjukan di Makassar.

“Rock In Celebes bagi saya adalah bagian penting dari evolusi industri pertunjukan di Makassar, titik awal di mana Sulawesi Selatan mendapatkan tempatnya di dalam peta musik Indonesia dalam garing yang lebih tebal”. Tulis Fadly.

Selain 10 venue juga peluncuran buku, tentu bakal ada banyak lagi kejutan lain yang dihadirkan oleh festival yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 ini. Pantau terus informasinya di media sosial dan website resmi Rock In Celebes.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Rock In Celebes

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading