Bin Idris Mengangkat Epos Mahabharata

Bin Idris atau Haikal Azizi, seorang penyanyi solo sekaligus vokalis dari band proto-metal/psychedelic bernama Sigmun kembali hadir dengan merilis single bertajuk Mahabharata di berbagai layanan streaming musik sejak tanggal 5 Juli 2019. Sebelumnya lagu instrumental berdurasi 20 menit tersebut hanya dapat diakses melalui Soundcloud tanpa sentuhan mastering.

Mahabharata merupakan lagu pertama Bin Idris yang diunggah di ranah digital tujuh tahun silam dan menjadi pintu gerbang dalam karirnya sebagai solois. Ide dari lagu ini berawal dari proyek animasi kawan dekatnya. Dalam hal itu, Ia meminta Haikal untuk  menulis score dari proyek animasi tersebut.

“Versi awal dari Mahabharata tidak berbau Raga seperti versi yang sekarang dikeluarkan, tapi itu membantu saya menemukan kemungkinan membuat bab yang berbeda dan mondar-mandir dalam lagu dengan durasi lebih lama,” ungkap Haikal.

Mahabharata direkam di The Golden Chamber Studio, studio pribadi milik Haikal. Perkara proses mixingnya ia garap sendiri, sedangkan bagian masteringnya ditangani oleh Adhit Android. Lalu untuk urusan visualisasi dari single ini, seorang seniman bernama Septian DS didapuk sebagai eksekutornya. Haikal mencoba membangun ulang lagu tersebut dan mencoba menyejajarkannya dengan citra epos Mahabharata. Meskipun begitu, bagian lirik Mahabharata justru tidak mengandung makna apapun dan bukanlah sebuah usaha untuk menceritakan ulang cerita legendaris tersebut.

“Semua hanyalah bentuk penyuaraan spontan semata, meskipun ada beberapa kata seperti ‘raksasha’ yang saya nyanyikan di beberapa bagian. Saya pribadi berpendapat bahwa lagu tersebut mewakili warna-warna utama dalam praktik musik saya: berpusat pada intuisi, suram, emosional, samar, dan metaforis,” jelasnya.

Bin Idris telah memulai perjalanan bermusiknya sejak 2012 dan berhasil menelurkan dua album penuh yaitu self titled (2016) serta Anjing Tua (2017). Dengan menggandeng Orange Cliff Records, single Mahabharata pun di buat ke dalam bentuk kaset, dan sudah bisa didapatkan melalui label rekaman tersebut sejak 1 Agustus 2019.

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Bin Idris

Sisi Organik Scaller Dalam "Noises & Clarity"

Kabar baik datang dari Scaller yang baru saja merilis live session (8/7/23) yang kemudian diberi tajuk “Noises & Clarity”. Dalam video ini, grup musik asal Jakarta tersebut tampil membawakan 5...

Keep Reading

Single Ketiga Eleanor Whisper Menggunakan Bahasa Prancis

Grup Eleanor Whisper asal kota Medan yang telah hijrah ke Jakarta sejak 2019 ini resmi merilis single ke-3 yang diberi tajuk “Pour Moi”. Trio Ferri (Vocal/ Guitar), Dennisa (Vocals) &...

Keep Reading

Sajian Spektakuler KIG Live!

Umumkan kehadirannya sebagai pemain baru pada industri konser musik Indonesia, KIG LIVE yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) Group menggelar acara peluncuran resmi yang juga menampilkan diskusi menarik...

Keep Reading

Crushing Grief Gandeng Dochi Sadega Dalam Single Terbaru

Unit pop-punk dari Manado, Crushing Grief, menggandeng Dochi Sadega dari Pee Wee Gaskins, dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Hard Rain“. Single ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari EP...

Keep Reading