Bikin Panggung edisi pertama telah sukses digelar. Acara yang berlangsung pada tanggal 30 Oktober 2019, di sebuah bar bernama Eastern Promise, Jakarta Selatan tersebut melibatkan empat penampil yaitu Dekat, Hursa, Kurosuke, dan Reality Club. Masing-masing dari mereka pun menyajikan nomor-nomor pamungkasnya hingga membuat hangat malam pertunjukan.

Penonton mulai menyemut pada pukul delapan malam. Dekat didapuk sebagai penampil pembuka. Pada penampilannya di Bikin Panggung ini, grup yang digawangi oleh Kamga, Chevrina dan Tata tersebut dibantu oleh Klav atau Keshia Aita dari duo RL KLav dalam hal menabuh drum. Mereka menampilkan nomor-nomor andalan semisal “Kembali Bekerja”, “Fire”, “20”, “Money”, dan “Comedy”.

Jadwal selanjutnya diisi oleh penampilan dari Kurosuke. Proyek musik dari pria bernama Christianto Ario Wibowo itu baru saja merilis album penuh keduanya bertajuk “The Tales of Roses & Wine”, tepatnya pada 25 Oktober 2019. Dengan pembawaan yang santai, bahkan sembari bercanda dengan para session player-nya, ia membawakan lagu-lagu pilihan semisal “Tender”, “Little Joy”, “Moscato”, serta “Roses”.

Untuk Hursa, acara Bikin Panggung adalah suatu gelaran yang sangat spesial. Pasalnya, malam itu juga bertepatan dengan hari perilisan album perdana mereka yaitu “Harap dan Tuah”. Band pop/rock alternatif asal Jakarta dengan komposisi Gala (vokal, keys), Pandji (drum), Irvan (bass, synth bass), dan Goldy (drum) itu tentu saja menyajikan sejumlah tembang dari paket karyanya tersebut. “Ruai”, “Makna Masa”, “Bersumarah”, serta “Teduh Bahagia” adalah di antaranya.

Reality Club pun dinobatkan sebagai penampil terakhir di Bikin Panggung edisi perdana ini. Sang vokalis tampil maksimal dengan sentuhan make up berupa bercak darah di beberapa bagian wajah yang mencerminkan nuansa Hari Helloween. Unit indie rock dengan personil Fathia Izzati (vokal), Nugi Wicaksono (bas), Iqbal Anggakusumah (gitar), Era Patigo (drum) dan Faiz Novascotia Saripudin (vokal, gitar) tersebut memberikan sebuah sajian penutup menawan dengan beberapa lagunya yaitu “Elastic”, “Telenovia”, hingga “On My Own”.

Acara yang terlaksana berkat kolaborasi antara Mimaksi Entertainment, Berita Angkasa, dan Siasat Partikelir ini berhasil menarik minat banyak pihak, terlebih lagi dari kalangan musisi. Di antara para hadirin, terdapat wajah-wajah yang sudah tidak asing lagi. Sebut saja Gerald Situmorang, Charita Utamy, Aya Anjani, hingga para personil Tashoora yaitu Danang Joedodarmo, Dita Permatas, serta Gusti Arirang.

“Bikin Panggung ini digagas karena gue melihat banyak banget band yang sebenarnya bagus, tapi intensitas main mereka jarang, dan gue merasa mereka perlu dibuatkan sebuah panggung intim agar mereka bisa lebih dekat dengan para penontonnya” ungkap Bobby Chaniago selaku penyelenggara.

Dalam waktu dekat, Bikin Panggung edisi kedua akan berlangsung di Kota Bandung. Untuk informasi lebih detail terkait line up dan tempatnya, kalian bisa langsung memantau Instagram @bikinpanggung.

Teks: Rizky Firmansyah
Visual: Arsip Siasat Partikelir