Bikin Panggung dan Deathrockstar Berkolaborasi Luncurkan Album Kompilasi

Pandemi yang tak kunjung selesai membuat segala sesuatu menjadi sulit. Berbagai sektor industri kian padam, termasuk industri hiburan –salah satu sektor yang mungkin paling terdampak. Tak terhitung lagi, sudah satu tahun lebih sejak wabah Covid-19 menerpa, sudah berapa ratus gelaran musik yang dibatalkan juga sudah berapa banyak band maupun musisi yang mengurungkan segala rencananya. Pelbagai upaya pun terus dilakukan untuk menyiasati agar industri musik ini tidak mati. Salah satu upaya terbaik tentu adalah terus produktif melahirkan dan menyebarluaskan karya.

Sebagai permulaan di tahun 2021 ini, salah satu inisasi menarik datang dari Bikin Panggung yang berkolaborasi dengan Deathrockstar. Mereka telah merilis sebuah album kompilasi bertajuk BIKIN KOMPILASI “Bless This Year”. Seperti tergambar pada judulnya, album ini ditujukan sebagai persembahan dan harapan menyambut suatu hal yang baru setelah kita melalui hal-hal yang terjadi di tahun lalu.

Di dalam kompilasi album BIKIN KOMPILASI “Bless This Year” ini setidaknya mereka menyertakan 10 lagu dari 10 grup/musisi yang datang dari 10 kota berbeda, yakni Eleanor Whisper (Medan); Fulanfehan (Jambi); Mafia Pemantik Qolbu (Jakarta); Horse Planet Police Department (Bogor); The Sugar Spun (Bandung); Space Cubs (Purwokerto); Gardenia (Banjarnegara); Eisen (Surabaya); Soulfood (Bali); dan Loka (Makassar). Dan juga, album ini terdiri dari berbagai macam genre yang masing-masing musisi usung.

Melalui album kompilasi ini, Bikin Panggung dan Deathrockstar ingin menjadi wadah untuk beragam karya terbaik dari seluruh Indonesia, dan menunjukkan bahwa setiap karya mempunyai kesempatan yang sama untuk didengar khalayak darimana pun lagu ini berasal. Album kompilasi ini pun menandakan potensi dan keberagaman musik yang ada di Indonesia. Dari sisi musikalitas, 10 lagu yang tercantum di album ini pun memiliki ciri khasnya masing-masing.

“Album ini juga bagian dari misi Bikin Panggung untuk memberi tempat bagi para musisi yang layak didengarkan oleh orang lagi, dan harapannya, semoga setelah album ini mereka bisa berjalan lebih jauh lagi dengan karya-karyanya” terang Bobby Chaniagio, perwakilan dari Bikin Panggung.

Tak hanya sajian musiknya saja yang menarik, namun semangat dibalik pembuatan album kompilasi ini pun sangat baik. Bikin Panggung dan Deathrockstar menggaet para kolektif dan label independen dari berbagai kota seperti Loneliest Club, Otherling Records, Glossarie Records, Orange Cliff, Bits & Bops dan juga Ares Musik untuk mendukung perampungan album kompilasi ini.

Album BIKIN KOMPILASI “Bless This Year” kini  sudah tersedia dipelbagai kanal pemutar musik digital. Selamat mendengarkan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Gelombang Maju Jaya

 

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading