Batas Pedut Dongker

Band unik di Indonesia makin banyak. Satu lagi datang dari Bandung. Namanya Dongker. Band ini memainkan musik 70s Punk, dengan referensi seperti Power Popala Modernettes, Protex, The Dickies atau artis dari Good Vibration Records.

Pola pertemuan awal masing-masing personil band ini klise; ketemu di kampus lalu punya minat yang sama dalam bermusik. Sejauh ini mereka sudah memiliki satu demo yang berisikan 5 lagu yang bisa dinikmati di kanal bandcamp milik mereka.

Band ini baru saja merilis single sekaligus video klip dari lagu yang berjudul Batas Pedut. Yang menarik dari single ini adalah teknik video yang digunakan untuk mempermanis single ini. Di dalam video klip yang ada, mereka menggunakan video animasi dengan teknik rotoscope. Video ini sendiri dikerjakan oleh salah satu personil Dongker yang bernama Bilal Ahmad Mukmin.

Buat yang belum tahu, teknik rotoscope adalah sebuah teknik dalam membuat suatu animasi dengan tata cara kerjanya adalah menjiplak atau tracing hasil rekaman dari gerakan aktor yang menjadi model dalam video klip tersebut. Teknik ini berguna dalam pembuatan gerakan yang sangat susah dalam memproyeksikannya dalam imajinasi.

Teknik ini sendiri pertama kali dipakai oleh Max Fleischer dan Dave Fleischer dalam pengerjaan  serial Out of the Inkwell antara tahun 1918 – 1929. Lalu, setelah berhasil dalam pengerjaannya, Fleischer dan studio membuat hak paten untuk teknik ini.

Video dengan durasi 35 detik ini merupakan single dari EP baru milik mereka yang berjudul Upaya Memaki. Untuk perilisannya sendiri mereka bekerjasama dengan Greedy Dust Records & Necros Records yang rencananya akan merilisnya dalam format kaset. Lagu ini menurut mereka kental akan narasi sederhana yang bercerita tentang upaya menerjang batas terhadap kebodohan atau batasan tidak penting yang tidak seharusnya diwajarkan atau dipatuhi.

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip Dongker

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading