Batas Pedut Dongker

Band unik di Indonesia makin banyak. Satu lagi datang dari Bandung. Namanya Dongker. Band ini memainkan musik 70s Punk, dengan referensi seperti Power Popala Modernettes, Protex, The Dickies atau artis dari Good Vibration Records.

Pola pertemuan awal masing-masing personil band ini klise; ketemu di kampus lalu punya minat yang sama dalam bermusik. Sejauh ini mereka sudah memiliki satu demo yang berisikan 5 lagu yang bisa dinikmati di kanal bandcamp milik mereka.

Band ini baru saja merilis single sekaligus video klip dari lagu yang berjudul Batas Pedut. Yang menarik dari single ini adalah teknik video yang digunakan untuk mempermanis single ini. Di dalam video klip yang ada, mereka menggunakan video animasi dengan teknik rotoscope. Video ini sendiri dikerjakan oleh salah satu personil Dongker yang bernama Bilal Ahmad Mukmin.

Buat yang belum tahu, teknik rotoscope adalah sebuah teknik dalam membuat suatu animasi dengan tata cara kerjanya adalah menjiplak atau tracing hasil rekaman dari gerakan aktor yang menjadi model dalam video klip tersebut. Teknik ini berguna dalam pembuatan gerakan yang sangat susah dalam memproyeksikannya dalam imajinasi.

Teknik ini sendiri pertama kali dipakai oleh Max Fleischer dan Dave Fleischer dalam pengerjaan  serial Out of the Inkwell antara tahun 1918 – 1929. Lalu, setelah berhasil dalam pengerjaannya, Fleischer dan studio membuat hak paten untuk teknik ini.

Video dengan durasi 35 detik ini merupakan single dari EP baru milik mereka yang berjudul Upaya Memaki. Untuk perilisannya sendiri mereka bekerjasama dengan Greedy Dust Records & Necros Records yang rencananya akan merilisnya dalam format kaset. Lagu ini menurut mereka kental akan narasi sederhana yang bercerita tentang upaya menerjang batas terhadap kebodohan atau batasan tidak penting yang tidak seharusnya diwajarkan atau dipatuhi.

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip Dongker

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading