Hip hop Indonesia sedang berada dalam fase yang cukup mekar. Kian hari, kian banyak bermunculan artis dengan variasi yang menyegarkan. Salah satunya adalah Basboi. Untuk karya, dia sudah memiliki satu EP yang berjudul “Fresh Graduate”, nomor andalan dari EP ini adalah “Dreamgirl”. Lagu ini bercerita tentang para pekerja industri kreatif yang secara luas belum terkenal dan berkecukupan dalam hal materi, kerap kali dianggap enteng oleh sebagian orang.

Sukses merilis EP, Basboi melanjutkan perjalanannya ke tahap yang lebih besar. Salah satunya adalah, menjadi wakil untuk Indonesia di ajang Converse X Global Moment yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, pada bulan Juni kemarin. Tidak berhenti disitu saja, kesempatan yang dimilikinya pun menjadi lebih besar saat dia terpilih untuk berangkat ke Converse X Global Moment di Los Angeles, USA pada tanggal 4-12 November 2019.

Selain jaringan dan menjalani berbagai proyek kreatif dari Converse, Basboi juga berkesempatan untuk tampil dihadapan seluruh delegasi dari Converse X beserta para undangan di pre-event camp Flog Gnaw, sebuah festival persembahan Tyler, The Creator (yang juga ambassador Converse). Lalu, Basboi juga sempat berbagi panggung dengan pengisi acara lainnya, seperti Dominic Fike dan Jasper.

Converse X Global Moment adalah sebuah rangkaian kegiatan dari Converse, dimana para Converse X ambassador yang berhasil mewakili negaranya akan berkumpul di suatu kota yang ditentukan untuk creative networking, workshop, performance, exhibition, dan yang paling utama – kolaborasi. Para ambassador terdiri dari berbagai latar belakang, seperti seniman, pekerja kreatif, dan musisi.

Converse X Global Moment ini sendiri sudah diadakan selama kurang lebih 2 tahun dan singgah di 4 kota di berbagai negara, seperti London, Sao Paulo, Los Angeles, dan Kuala Lumpur. Di gelaran yang kelima, Converse X Global Moment kembali diadakan di Los Angeles.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Basboi