Bangkutaman Kembali Dari Tidur Panjang

Setelah lama tertidur panjang dari riuhnya kancah musik di Indonesia, Bangkutaman pun terbangun dan membawa berita yang sangat menyenangkan. Ya apalagi kalau bukan rilisan baru. Single baru yang diberi judul “Dinamika” tersebut pun pertama kali diperdengarkan secara khusus melalui situs resmi milik Pop Hari Ini. Single yang dilepas melalui label Palm House Records ini adalah pertanda atas kebangkitan mereka setelah lama berdiam diri, sejak terakhir kali merilis album mini yang berjudul “Rileks” pada tahun 2016 silam. Durasi lima menit yang disajikan oleh single “Dinamika” ini akan membawa para pendengar ke dalam nuansa dan dunia bebunyian dari jazz psychedelia, yang tentunya ini adalah eksplorasi baru buat mereka yang sama sekali tak pernah memainkan musik jenis ini sedari dibentuk dari tahun 1999.

Menurut mereka, dasar dari terciptanya single terbaru ini saat mereka sedang berkumpul dalam sebuah latihan main-main, yang ternyata dibawa serius untuk menjadi sebuah karya lagu. Berawal dari warna jazz yang dimainkan sedikit, dan kemudian dicampur dengan banyak warna dari psikedelia, seperti instrumen dari flute, gitar dan piano. Mencoba untuk memainkan sebuah nuansa sedikit ke jazz, Bangkutaman tak lupa menambahkan sesi solo yang dimulai dari flute, gitar, piano, dan ditutup oleh drum. Sebuah pendekatan komposisi yang belum pernah dilakukan oleh mereka sebelumnya dalam membuat sebuah komposisi.

Di single “Dinamika”, Bangkutaman pun tak sendiri. Mereka juga mengajak banyak teman musisi ke dalamnya, baik sebagai penata musik serta pemain instrumen di dalamnya. Ada musisi jazz, Adra Karim yang mengisi posisi piano, Agustinus Panji Madika di flute, Dharmo Sudirman sebagai penata musik saat rekaman pertama serta Pandji Dharma sebagai produser musiknya. Single “Dinamika” juga dikerjakan di dalam dua buah studio, pertama di Doors Studio pada 12 hingga 16 Mei 2019, dilanjutkan sesi rekaman khusus piano dari Adra Karim yang direkam di Palm House, Desember 2019. Mixing dan mastering juga dilakukan di Palm House oleh Pandji Dharma.

Dinamika Bangkutaman

Konsep besar yang tertuang di dalam lagu “Dinamika” ini terlahir atas dasar rasa terhadap kondisi ingin menjauh dan mengasingkan diri dari segala gejolak dunia modern yang ada. Hal ini pun divisualkan secara gamblang di sampul single ini yang digarap oleh seniman visual asal Indonesia yang bermukim di Kanada, yaitu Denisa Rahma.

“Single artwork Dinamika menggarap konsep mengasingkan diri dari digitalisme di era modern. Visualisasi dibuat dengan menggabungkan sosok humanoid dan unsur-unsur flora dan fauna melalui fotografi dan ilustrasi. Dengan palet warna yang cerah dan hangat, artwork ini menceritakan tentang seorang individu yang merasa dengan konsumerisme teknologi yang ia lakukan, tubuhnya mulai terasa seperti mesin, mukanya semakin pucat, karena itu, ia mencoba memulihkan dirinya dengan mencoba untuk menyatu kembali dengan alam, dimana tubuhnya pun akhirnya mulai kembali sehat,” ungkapnya.

Menyusul dengan perilisan single ini secara digital, Bangkutaman juga membuat format fisik dari single ini dalam bentuk kaset, berisi single Dinamika dan sebuah lagu b-side yang tidak akan ditemukan di manapun. Kaset ini akan dicetak secara terbatas. Single “Dinamika” adalah awalan dari sebuah album yang akan mereka siapkan selanjutnya. Ini menjadi album studio ketiga bangkutaman sejak Love Among The Ruins (2003) dan Ode Buat Kota (2010).

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Bangkutaman

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading