Bangkutaman dan Harlan Boer Mempersembahkan Dam Dam Pop!

Orang-orang memiliki caranya masing-masing dalam memperingati hari-hari besar, seperti Bangkutaman misalnya, band asal Jakarta tersebut membuat mini album bertajuk “Dam Dam Pop!” Untuk merayakan Cassete Store Day 2019 pada tanggal 12 Oktober lalu, yang melibatkan singer/songwriter, Harlan Boer sebagai kolaborator.

“Dam Dam Pop!” adalah proyek kolaborasi rekaman pertama trio yang kini digawangi Acum (vokal/gitar), Mada (bass), dan Uta (drum) sejak berdiri tahun 1999. Berisi 3 buah lagu sendiri dan 2 lagu cover, seluruh materi ini direkam dan dimixing di Palm House Studio, Jakarta oleh Pandji Dharma, yang dikenal sebagai gitaris dari band Sirati Dharma. Desain cover dikerjakan oleh Satria Ramadhan dengan foto cover dieksekusi oleh Reno Nismara yang dikenal sebagai vokalis dari unit psikedelik rock Crayola Eyes.

Soal penggarapannya, bisa dibilang serba dadakan. Rekaman materi lagu pada mini album yang dirilis oleh SRM tersebut dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Oktober, tepat tiga hari sebelum gelaran Cassette Store Day. “Semuanya terjadi begitu cepat,” ujar Acum. Ia masih jelas mengingat gagasan-gagasan dari Harlan Boer yang datang begitu singkat.

“Suatu hari Harlan menelfon saya menyampaikan gagasan ini, seketika itu pula kami menggodok materi selama dua hari, sekelebat itu pula rekaman terjadi,” tambahnya.

Menurut Harlan Boer, awalnya proyek rekaman ini adalah sebuah nostalgia merekam ulang lagu-lagu indiepop favoritnya, hingga pada akhirnya di sesi jamming di studio, lahirlah lagu-lagu hasil kolaborasi yang tak terduga.

“Yang menarik adalah perasaan spontan dalam menulis lagu-lagu sendiri, semua mengalir dan disengaja, ini yang kemudian menjadikan hasilnya sangat spesial. Musiknya ngelebur banget, mulai dari distorsi yang berlebih atau dari gojrang-gojreng manis dan petikan-petikan manja,” tambah Harlan.

Ada dua lagu cover yang direkam ulang, “She Never Come Home” milik band indiepop asal Bandung, Blossom Diary serta “Rindu” milik band indiepop Planetbumi asal Jakarta. Masing-masing lagu ini umurnya sudah 10 hingga 20 tahun.

Alasan dua lagu ini direkam ulang tidak lain lebih karena dua lagu ini adalah favorit dari bangkutaman dan Harlan yang mendengarkan lagu ini saat lagu ini dirilis. Bangkutaman sendiri saat ini telah merampungkan rekaman untuk album terbarunya yang telah memasuki tahap mixing dan mastering. Sedangkan Harlan Boer juga tengah menggodok materi-materi untuk album/mini album terbarunya.

“Dam Dam Pop!” Telah tersedia dalam bentuk kaset sejak Sabtu 12 OKtober 2019 lalu. Untuk keterangan lebih lanjut perihal pemesanan, bisa langsung hubungi SRM melalui Instagram @srmbands.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Bangkutaman

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading