Bandcamp Resmi Bergabung dengan Epic Games

Bagi yang menggandrungi musik, tentu gak bakal asing dengan platform pemutar musik digital bernama Bandcamp. Dengan adanya platform tersebut para musisi bisa dengan mudah mendistribusikan karyanya, lewat platform itu pula jejaring musisi bisa dengan mudah terjadi. Seiring waktu berjalan, Bandcamp pun terus berbenah.

Baru-baru tersiar kabar pengembang software dan publisher game kenamaan asal Amerika, Epic Games, telah mengumumkan bahwa mereka telah bergabung bersama platform musik Bandcamp.

“Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Bandcamp akan menjadi bagian dari Epic Games. Bandcamp adalah toko dan komunitas musik online tempat para penggemar dapat menemukan, terhubung, dan secara langsung mendukung musisi independen yang mereka cintai.” Terang Epic Games dalam situs resminya.

Kendati berada di ranah yang berbeda, pihak Bandcamp mengatakan bahwa mereka cukup senang dengan adanya penggabungan ini. CEO dan Salah satu pendiri Bandcamp, Ethan Diamond, mengungkapkan dengan adanya penggabungan ini, misi dari Bandcamp bisa dengan cepat terwujud, yaitu memberdayakan lebih banyak para pembuat konten dengan skema yang adil dan inklusif.

“Misi Bandcamp adalah membantu menyebarkan kekuatan penyembuhan musik dengan membangun komunitas di mana seniman berkembang melalui dukungan langsung dari penggemar mereka,” kata Ethan Diamond. “Di Epic, kami telah menemukan mitra yang percaya sedalam yang kami lakukan bahwa masa depan musik, dan seni itu sendiri, bergantung pada penciptaan komunitas yang adil dan inklusif seperti yang telah dibangun oleh penggemar dan artis kami. Kami senang bekerja bersama tim Epic untuk mempercepat realisasi misi kami dan mengejar tujuan bersama kami untuk memberdayakan lebih banyak pembuat konten dengan cara yang adil dan terbuka.” Lanjutnya.

Senada dengan Ethan Diamond, dalam keterangan yang sama, Wakil Presiden Epic Games, Steve Allison, juga mengungkapkan bahwa pihak Epic Games bersemangat dengan adanya kolaborasi ini. Ia juga mengakui bahwa Bandcamp merupakan platform musik mandiri yang mampu mendorong lebih jauh para musisi yang mendistribusikan karyanya lewat platform tersebut.

“Kami sangat bersemangat untuk menyambut tim Bandcamp di Epic Games,” kata Steve Allison, Wakil Presiden dan Manajer Umum, Toko di Epic Games. “Bandcamp telah membangun komunitas dan bisnis yang luar biasa di mana artis yang sedang naik daun dapat sukses berkat dukungan langsung dari penggemar mereka, dengan salah satu model pendapatan terbaik dan istilah dalam musik. Ini sangat selaras dengan pendekatan Epic untuk mendukung pembuat konten di semua media dan memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan penggemar mereka.”

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading