Bandcamp Resmi Bergabung dengan Epic Games

Bagi yang menggandrungi musik, tentu gak bakal asing dengan platform pemutar musik digital bernama Bandcamp. Dengan adanya platform tersebut para musisi bisa dengan mudah mendistribusikan karyanya, lewat platform itu pula jejaring musisi bisa dengan mudah terjadi. Seiring waktu berjalan, Bandcamp pun terus berbenah.

Baru-baru tersiar kabar pengembang software dan publisher game kenamaan asal Amerika, Epic Games, telah mengumumkan bahwa mereka telah bergabung bersama platform musik Bandcamp.

“Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Bandcamp akan menjadi bagian dari Epic Games. Bandcamp adalah toko dan komunitas musik online tempat para penggemar dapat menemukan, terhubung, dan secara langsung mendukung musisi independen yang mereka cintai.” Terang Epic Games dalam situs resminya.

Kendati berada di ranah yang berbeda, pihak Bandcamp mengatakan bahwa mereka cukup senang dengan adanya penggabungan ini. CEO dan Salah satu pendiri Bandcamp, Ethan Diamond, mengungkapkan dengan adanya penggabungan ini, misi dari Bandcamp bisa dengan cepat terwujud, yaitu memberdayakan lebih banyak para pembuat konten dengan skema yang adil dan inklusif.

“Misi Bandcamp adalah membantu menyebarkan kekuatan penyembuhan musik dengan membangun komunitas di mana seniman berkembang melalui dukungan langsung dari penggemar mereka,” kata Ethan Diamond. “Di Epic, kami telah menemukan mitra yang percaya sedalam yang kami lakukan bahwa masa depan musik, dan seni itu sendiri, bergantung pada penciptaan komunitas yang adil dan inklusif seperti yang telah dibangun oleh penggemar dan artis kami. Kami senang bekerja bersama tim Epic untuk mempercepat realisasi misi kami dan mengejar tujuan bersama kami untuk memberdayakan lebih banyak pembuat konten dengan cara yang adil dan terbuka.” Lanjutnya.

Senada dengan Ethan Diamond, dalam keterangan yang sama, Wakil Presiden Epic Games, Steve Allison, juga mengungkapkan bahwa pihak Epic Games bersemangat dengan adanya kolaborasi ini. Ia juga mengakui bahwa Bandcamp merupakan platform musik mandiri yang mampu mendorong lebih jauh para musisi yang mendistribusikan karyanya lewat platform tersebut.

“Kami sangat bersemangat untuk menyambut tim Bandcamp di Epic Games,” kata Steve Allison, Wakil Presiden dan Manajer Umum, Toko di Epic Games. “Bandcamp telah membangun komunitas dan bisnis yang luar biasa di mana artis yang sedang naik daun dapat sukses berkat dukungan langsung dari penggemar mereka, dengan salah satu model pendapatan terbaik dan istilah dalam musik. Ini sangat selaras dengan pendekatan Epic untuk mendukung pembuat konten di semua media dan memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan penggemar mereka.”

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading