Babak Baru The Panturas di Lagu Baru

Kurang pas rasanya bila membicarakan ranah musik independen tanpa melibatkan The Panturas. Selalu ada hal-hal menarik yang melingkari perjalanan unit rock selancar asal Jatinangor ini. Baru-baru ini kuartet yang diisi oleh Abyan Zaki (vokal/gitar), Rizal Taufik (gitar), Surya Fikri alias Kuya (drum), dan Bagus Patrias (bass).ini telah meluncurkan karya terbarunya yang diberi judul ‘Balada Semburan Naga’.

Dalam lagu terbarunya ini The Panturas menyoroti konflik kisah percintaan klasik antar dua sejoli, yakni konflik yang disebabkan oleh  perbedaan kelas sosial dan ekonomi yang berujung dengan sulitnya mendapat restu dari sang orang tua perempuan. Untuk lebih menghidupkan konteks yang diangkat dalam lagu, The Panturas membaurkan musik rock bernuansa era 1960-an dengan lanskap suara ke-timur-an. Maka tak aneh dari awal sampai dengan akhir lagu banyak isian-isian instrumen yang identik dengan musik-musik Asia Timur. Dengan menampilkan Adipati dari The Kuda di departemen vokal, lagu ini kian menarik untuk disimak. Terlebih Adipati dengan suaranya yang khas dan lantang didapuk untuk menyuarakan  seorang ayah yang over protective dan galak. Selain melibatkan Adipati, The Panturas juga menggaet prouduser kenamaan, Lafa Pratomo dalam produksinya.

Melalui ‘Balada Semburan Naga’ The Panturas juga sekaligus memberi sinyal tanda akan segera rilis album penuhnya yang terbaru yang dijadwalkan akan dilepas pada pertengahan tahun depan.

“Konsep album kedua nanti ibarat berada di dalam sebuah kapal yang berisi banyak orang dari berbagai macam budaya. Ada China, Jepang, Arab, Eropa, Amerika dengan segala cerita dan permasalahan yang dimiliki,” kata Surya, drummer The Panturas.

Selain dilepas dengan format audio, ‘Balada Semburan Naga’ pun dikemas ke dalam videoclip yang cukup epik. Menampilkan visual yang mempertegas tema lagu, juga menampilkan lirik yang membuat kita lebih mudah mengikuti suara vokal ngebut dari Abyan dan Adipati merapalkan lirik yang lebih mirip semacam orang berdebat. Visualisasi Asia Timur dengan dominasi warna merah identik juga selaras dengan warna musik yang The Panturas hadirkan.

Asal muasal The Panturas sendiri berawal dari Uya, Ijal, dan satu orang anggota yang sekarang sudah keluar dan tergabung dalam band lain. Musik yang dipilih untuk identitas band ini adalah Surf rock, yang memang berjenis musik pantai, musik-musik yang terkenal di Amerika tahun 60an. Nama The Panturas dipilih berdasar nama dari band The Ventures, band asal Amerika, yang kemudian diplesetkan menjadi The Panturas. Satu hal yang memiliki nilai lebih dari mereka, yaitu The Panturas sangat akrab terlihat dengan hal-hal yang jenaka dan seringkali berasal dari luar akal sehat. Melalui media sosial, mereka seing kali memperlihatkan printilan-printila lucu dan merakyat. Hal itulah yang lantas menjadi pesona mereka, sederhana dan apa adanya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip The Panturas

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading