Ayo Buat Masker Sendiri ala Zhijun Wang

Modifikasi atau kustomisasi sneakers sudah jadi hal yang wajar di kalangan pecinta sepatu dan juga mode. Mungkin sering kali kita melihat beberapa sepatu mode yang disulap menjadi bentuk lain semisal sepatu bola/american football, atau menjadi sepatu ice-skating dan rollerblade. Tetapi, hingga saat ini tercatat hanya ada satu seniman yang memodifikasi sepatu-sepatu tersebut jauh dari bentuk biasanya, yaitu menjadi masker.

Namanya adalah Zhijun Wang, sudah banyak kreasi masker dari sepatu yang dihasilkan olehnya. Bersama dengan istrinya, Yutong Duan, dirinya juga memberikan berbagai edukasi melalui video tentang cara mereka membuat dan mendesain ulang sepatu-sepatu ini hingga menjadi sebuah masker. Selain video, mereka juga sering kali membagikan pola dari bentuk-bentuk masker yang telah mereka ciptakan secara bebas.

Di masa wabah seperti sekarang ini, penggunaan dan permintaan akan kebutuhan masker meningkat dengan pesat. Banyak perusahaan besar seperti Nike dan Louis Vuitton mulai mengembangkan dan memproduksi masker serta alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan dan juga orang banyak. Daripada mencoba membeli masker wajah yang sangat sulit untuk didapatkan saat ini, Wang menyarankan agar semua orang untuk membuat sendiri masker mereka. Hal ini juga termasuk kampanyenya untuk mempromosikan program berseri miliknya yang diberi judul, Maskology.

Setelah melakukan banyak eksperimen selama satu bulan lamanya, Wang dan Duan kini telah merilis sebuah panduan yang dapat diakses dan memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat masker dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Contohnya seperti sebuah totebag kain yang bisa dipotong dan dilipat sedemikian rupa hingga membentuk sebuah masker yang berfungsi dengan baik. Walaupun masker tersebut bukanlah standar masker medis, namun, hal tersebut tetap bisa untuk mencegah dan memberikan perlindungan ketika akan berkegiatan di luar rumah.

“Pastikan Anda memiliki alat dan bahan pelindung yang tepat untuk membuat masker ini. Anda dapat mengunduh pola masker ini secara gratis dan juga silakan untuk melihat video petunjuk pembuatannya di zhijunwang.com. Ini adalah proyek untuk kepentingan umum yang semoga bisa memberi manfaat kepada banyak orang, jangan gunakan hal ini untuk tujuan komersial apa pun tanpa izin.” Terang Wang.

Berikut tata cara untuk membuat masker sendiri ala Zhijun Wang. Selain fungsional mungkin ini juga bisa menjadi opsi kegiatan yang bermanfaat di rumah agar kalian tidak merasa bosan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Zhijun Wang

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading