Aldy Yamin dan Catatan di Balik Layar dari Murphy Radio "Autumn/Sandy"

Jika kalian sudah menonton klip terbaru dari Murphy Radio, kira-kira apa yang ingin kalian tanyakan? Mungkin yang teratas dalam daftar pertanyaan kalian adalah makna dari “Topeng”, atau mungkin Sandy, si anak dalam videoklip? Nah, dalam tulisan ini saya akan coba menjelaskan latarbelakang serta pesan yang kami coba interpretasikan dalam videoklip “Autumn / Sandy”.

Jujur, lagu “Autumn / Sandy” awalnya muncul dengan konsep serta makna yang berbeda. Saat sedang dalam proses pembuatan, ide dasar dari “Autumn / Sandy” bukan tentang downsyndrome, justru malah tentang friendship. Namun saat pengerjaan lirik, Wendra secara kebetulan berpapasan dengan seorang anak downsyndrome. Akhirnya jadilah lagu “Autumn / Sandy” dengan lirik serta konsep yang kalian dengar sekarang.

 

 

Seperti proses band pada umumnya, setelah membuat sebuah lagu, tentu kita perlu mempromosikannya, salah satunya lewat videoklip. Dalam pengerjaan videoklip, masing-masing band memliki selera tersendiri, begitu juga dengan Murphy Radio. Salah satu ciri khas yang cukup sering kami gunakan adalah simbol.

Saat menyusun point yang ingin disampaikan dalam videoklip “Autumn / Sandy”, point yang paling penting menurut kami adalah “Kesetaraan”. Maksudnya, setiap manusia yang ada didunia memiliki kelebihan serta kekurangan mereka masing-masing. Disinilah properti topeng bekerja. Topeng menggambarkan bahwa pada dasarnya manusia memiliki wajah, kekuatan, serta posisi yang berbeda – beda, namun terlepas dari semua itu, manusia berada pada level yang setara, entah mereka pengidap downsyndrome atau tidak.

Setelah topeng, salah satu simbol yang ada pada videoklip “Autumn / Sandy” adalah “Warna”. Jika kalian perhatikan satu-satunya topeng yang di warnai adalah topeng yang dipakai oleh Sandy. Hal ini sebagai pesan bahwa mungkin saja mereka – pengidap downsyndrome – sebeneranya mampu melihat apa yang tidak kita lihat. 

 

 

Selain soal simbol, pertanyaan yang cukup sering saya dengar adalah siapakah “Sandy”? Sandy merupakan salah satu anak didik dari Sekolah Luar Biasa Pembina, provinsi Kalimantan Timur. Sandy kami pilih sebagai karakter utama dalam videoklip ini karena satu dan lain pertimbangan, namun yang pasti karena Sandy bisa mengikuti instruksi dengan baik, diluar dari yang kami bayangkan. 

Untuk membingkai semuanya, kami memilih untuk membuat scene dimana kita seperti berada dalam imanjinasi Sandy. Khususnya saat masuk ke judul “Sandy” pada menit ke 04:30. Jadi, mulai dari memakai jubah, band muncul, bermain dan meniup balon kesemuanya merupakan imajinasi dari Sandy itu sendiri. Imajinasi dimulai saat Sandy melewati personil Murphy Radio di lorong sekolah, dan berakhir di lorong yang sama pula. 

Secara keseluruhan, Videoklip “Autumn / Sandy” dimulai dengan dasar untuk menyampaikan , kesetaraan, kelebihan, dan kekurangan yang ada pada setiap manusia. Entah itu dari properti – seperti topeng, jubah, coretan – ataupun dari scene.

 

 

Teks: Aldy Yamin*
Visual: Arsip dari Murphy Radio

*Penulis adalah pemain bass dari Murphy Radio

 

Video musik “Autumn / Sandy” dari MURPHY RADIO juga bisa ditonton di SPTV, kanal siar alternatif yang akan menjadi ruang bersama pengarsipan video musik dari grup musik/musisi tanah air sebagai apresiasi redaksi Siasat Partikelir atas kreasi audio visual dan musik. Pantau terus jangan sampai terlewatkan suguhan kejutan dari SPTV.

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading