Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan nuansa tersendiri di telinga para penikmat musik.

January Christy terkenal lewat lagunya yang berjudul “Melayang”. Lagu ciptaan grup musik 2D yang terdiri dari Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun tersebut adalah bagian dari album berjudul sama yang rilis tahun 1986.

Sepanjang kariernya, January Christy telah meluncurkan empat album, yakni “Melayang” (1986), “Aku Ini Punya Siapa” (1987), “Mana” (1989), dan “Tutup Mata” (1991). Meski demikian, masih banyak karya January Christy yang belum dirilis hingga ia tutup usia pada 16 September 2016 di Bandung, Jawa Barat, karena sakit.

Hal inilah yang membuat Adi Nugroho, Direktur Utama Prosound Records, memutuskan untuk mempersembahkan lagu-lagu yang belum pernah sang penyanyi rilis sebelumnya. Ada 10 lagu yang dirilis di layanan streaming dan dalam bentuk vinyl, termasuk 1 bonus track yang ditulis dan diproduksi oleh mendiang Harry Roesli. Perilisan ini sekaligus merayakan hari lahir January Christy yang jatuh pada 17 Januari.

Adi Nugroho mengatakan, hubungan January Christy dan Harry Roesli selama keduanya masih hidup sangatlah dekat. Harry Roesli menciptakan lagu-lagu ini spesial untuk January Christy karena dibuat sesuai dengan suasana hati sang penyanyi.

“Saya merasa berdosa karena lagu-lagu ini tidak sempat beredar sampai January Christy meninggal dunia. Harry Roesli yang memperkenalkannya pada saya juga sudah berpulang. Meski sedih kalau memikirkan ini, saya bersyukur masih diberikan kesempatan untuk merilis dan mengabadikan karya ini, serta mendapatkan persetujuan dari keluarga kedua belah pihak. Saya dan January Christy sangat dekat, dan di mata saya, ia adalah sosok yang sangat unik. Dia tertutup, pemalu, penuh welas asih, complicated, namun baik hati, intelek, dan talented sekali. Jadi, album Unreleased Tracks from 1985 ini adalah bentuk bayar utang saya pada January Christy dan Harry Roesli,” jelas Adi Nugroho dalam siaran pers.

“Christy” adalah lagu andalan dari album Unreleased Tracks from 1985. Lagu ini dibuat oleh January Christy dan Harry Roesli untuk menggali image awal sang penyanyi. Didominasi permainan piano, suara khas January Christy yang melantunkan nyanyian tentang dirinya sendiri membuat lagu “Christy” membawa pendengarnya ke masa kejayaannya dulu, di era ‘80-an. Video lirik “Christy” dibuat oleh Agra Satria, yang turut membuat cover album dan desain vinyl Unreleased Tracks from 1985 secara keseluruhan yang digabungkan dengan lukisan January Christy karya Davy Linggar.

Lukisan tersebut juga sempat dipamerkan di pameran seni Art Basel 2021 di Hong Kong. January Christy Unreleased Tracks from 1985 sudah bisa dinikmati di layanan digital streaming per 17 Januari 2022. Di hari yang sama, vinyl January Christy Unreleased Tracks from 1985 juga terbuka untuk pre-order hingga 20 Februari 2022 dengan harga Rp649.000,- (PO) dan Rp699.000,- (normal). Eksklusif bekerja bekerja sama dengan PHR (Piringan Hitam Recordstore), pengiriman dilakukan pada 2-5 Maret 2022 dan bisa didapatkan di sini atau order via 081717121285.

Visual: Arsip dari Trinity Optima 

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading