Album GBSFEST Milik Gugun Blues Shelter Akhirnya Dirilis Secara Digital

Setelah sebelumnya hanya tersedia dalam format boxset compact disc yang dirilis dalam jumlah terbatas, kini akhirnya album ke-10 dari Gugun Blues Shelter yang bertajuk GBSFEST bisa dinikmati di berbagai platform streaming digital. Album yang awalnya dirilis pada pertengahan tahun 2019 ini tersedia dalam format digital mulai 15 November 2021 kemarin lewat kerja sama Gugun Blues Shelter dengan label rekaman demajors.

Setelah absen selama kurang lebih 3 tahun dari dunia rekaman album, Gugun Blues Shelter tampil dengan tradisi rock yang kental dalam album GBSFEST. Tiap lagu di album direkam dengan sikap layaknya sebuah penampilan grup rock di sebuah festival.

“Album ini terasa lebih keras, lebih raw, bahkan direkam dengan kabinet amplifier gitar dan bass yang besar, seperti sedang live di panggung festival,” ujar Gugun menjelaskan dalam keterang pers. “Musiknya pun cukup variatif, rock, blues dan funk, jadi benar-benar seperti sedang berada di sebuah festival musik rock tradisional. Itulah kenapa judul albumnya GBSFEST,” tambah Gugun.

Album GBSFEST berisikan 8 trek panas dengan lagu andalan seperti singel pertama “Sweet Looking Woman” yang juga sempat tampil di film besutan Tompi, Pretty Boys (2019), “I’m So Lonely” yang bersama tiga lagu lain dari album sempat meramaikan film Derby Romero, Gas Kuy (2021), dan “Tentang Mu” yang juga dijadikan sebagai focus track dalam perilisan digital kali ini.

Menariknya ekspresi lugas dan terbuka yang dihasilkan oleh musik di album terasa kontras dengan tema-tema lagu yang justru semakin berporos pada pengalaman pribadi Gugun.

“Songwriting di album ini yang paling pribadi jika dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya,” ungkap Gugun dalam keterangan yang sama “Tetapi outcome-nya terasa yang paling ngeband setelah album Turn It On dan Soul Shaker,” tambahnya lagi.

GBSFEST menampilkan kontribusi musisi seperti Eugen Bounty dan Brury Effendy untuk seksi alat tiup. Juga artwork sampul oleh Yoyo Hins Itta yang menerjemahkan gagasan visual dari Gugun. 

Kabarnya album GBSFEST juga nantinya akan tersedia dalam format compact disc reguler. Gugun Blues Shelter pun sedang mempersiapkan rilisan singel dengan materi baru yang akan segera rilis dalam waktu dekat. Selagi menunggu karya terbarunya, kita simak saja dulu album GBSFEST yang baru saja dirilis secara digital.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Demajors

Gelisah Tak Punya Uang, MRNMRS Rilis Lagu Baru

“Money” merupakan judul dari nomor terbaru MRNMRS yang dirilis pada Kamis (2/12). Dalam lagu tersebut, trio asal Bandar Lampung tersebut mencoba mengangkat situasi dunia yang membuat para musisi seperti mereka...

Keep Reading

Rock In Solo Kembali Hadir dalam Format Bebeda

Setelah beberapa tahun vakum, salah satu festival musik rock raksasa yang berbasis di Jawa Tengah, Rock In Solo, akhirnya datang lagi di bulan Desember ini. Di tengah terpaan pandemi yang...

Keep Reading

Seperangkat Alat untuk Menopang Rumah Tanggamu dari Radiohead

Radiohead telah mengumumkan sekumpulan merchandise untuk mendukung promosi album kompilasi plus plus mereka, Kid A Mnesia. Beberapa barang dagangan band asal Inggris ini lumayan bisa dijadikan kado pernikahan untuk pengantin yang...

Keep Reading

The Hauler Rawk yang Bangkit dari Reruntuhan Palu

Bicara soal musik di Kota Palu ternyata bukan lah mantan wakil wali kotanya saja. Kota tersebut juga menjadi tempat bersemayam banyak pembawa musik keras yang aktif mengeluarkan karya. Setelah sebelumnya...

Keep Reading