Album Blacklight Milik Koil Akan Dirilis Ulang dalam Bentuk Vinyl oleh Grimloc Records

Kabar super menyenangkan datang dari Grimloc Records. Label rekaman asal Bandung ini, melalui akun Instagramnya, mengumumkan bahwa di bulan September 2019 nanti, mereka akan merilis ulang album Blacklight milik Koil yang aslinya dirilis tahun 2007.

Album berusia dua belas tahun ini, akan dirilis ulang dalam bentuk vinyl 12”. Sebelumnya, Blacklight dirilis sebagai free download lewat situs Deathrockstar, kemudian dijadikan cd gratis yang dibiayai oleh Jack Daniels, hingga dirilis versi regulernya dalam bentuk cd dan kaset oleh beberapa label rekaman.

Di masanya, Blacklight merupakan album yang sangat ditunggu. Koil perlu enam tahun untuk merilisnya. Album ini melanjutkan reputasi dahsyat yang dihasilkan oleh album sebelumnya, Megaloblast, yang dirilis tahun 2001.

Buat orang banyak, Blacklight dianggap sebagai pencapaian penting Koil yang mengubah standar musik rock Indonesia. Rumusannya komplit; aransemen bertumpuk yang membuat lagu-lagu di dalamnya punya konstruksi bagus secara teknis, penulisan lirik JA. Verdijantoro yang jauh menjulang di atas rata-rata penulis lirik negeri ini, serta kemasan visual yang terlalu sulit untuk dilupakan.

Ketika kabar bahwa album ini akan dirilis ulang oleh Grimloc Records, sudah bisa dibayangkan jika eksekusinya akan menarik. Minimal, standar tinggi pengemasan produk bisa dijamin. Produk memori ini, seolah ada di tangan yang benar.

“Dari awal dibuat, Grimloc memang punya rencana seri re-issue format vinyl, tentunya untuk rekaman-rekaman lama lokal yang buat kami penting,” kata Ucok dari Grimloc Records.

“Kami (di Grimloc Records) fans berat album ini, buat saya pribadi ini album terbaik mereka, magnum opus. Dobrakan dari sisi manapun, penulisan musik, lirik, ambience sampai imagery. Sampai sekarang saya tak habis pikir gimana mereka meramu semua pengaruh yang kerasa di album itu, dari Sex Pistols, NIN sampe Depeche Mode,” lanjut Ucok.

Sementara JA. Verdijantoro, vokalis Koil, ketika ditanya tentang perilisan ulang Blacklight, cenderung datar. Seperti biasanya.

“Yang pasti (album itu) soundnya super bagus, mau yang ada di cd, vinyl sama di rata-rata platform digital. Banyak yang bilang lirik lagu Blacklight masa kini banget. Saya dianggap visioner dengan kejadian sekarang, sementara saya sebenarnya tidak tahu juga sekarang ada berita update apa. Jadi, yah entahlah,” ujarnya mengambang.

Cek secara reguler Instagram Grimloc Records mengenai kabar terkini perilisan ulang album ini. Yang penting, silakan nabung dulu. Masih ada beberapa bulan. Kita sama-sama tahu bahwa nilai tukar mata uang asing tidak pernah berpihak pada penggemar musik.

Di halaman ini, ada preview eksklusif penampakan vinyl 12” Blacklight. (*) 

Teks: Felix Dass
Foto: Arsip Grimloc Records/ Koil

 

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading