Mendengarkan podcast memang tengah digandrungi hari ini. Berbagai macam program podcast sudah banyak bertebaran di beragam layanan streaming digital, salah satunya adalah Mas Amir, yang merupakan akronim dari Masyarakat Audio Amatir, hasil kolaborasi antara Media Nasional dan Monkey Melody. Penggunaan kata “amatir” sendiri merujuk pada artiannya di KBBI yaitu , “kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan”.

Mas Amir dikemas dalam format talkshow dengan dipandu oleh dua orang Host yaitu Raja Oriza (Media Nasional) & Tian (Monkey Melody). Pada setiap episodenya, program podcast tersebut mendatangkan para pelaku di industri kreatif seperti Yas Budaya (Alone At Last), Asteriska (Barasuara), Kamga Mo (Dekat) hingga Baruz The Screamer (Godless Symptoms).

Pada setiap episodenya, program podcast tersebut selalu menyajikan pertanyaan-pertanyaan bersifat personal, yang merupakan kegelisahan dan keingintahuan dari para Host. “Mood dari talkshow ini bisa dibilang serius, bukan bermaksud anti terhadap komedi, hal ini boleh jadi dikarenakan pertanyaan yang dilontarkan seringkali teknis dan filosofis, berkenaan dengan kehidupan personal dan karir bermusik atau berkarya dari narasumber,” ungkap mereka melalui siaran pers.

Pada tanggal 22 Desember nanti, Mas Amir pun akan menyelenggarakan aktivasi offline pertamanya bertajuk A Walk The Talk – Talkshow Series. Tiga narasumber pun sudah dipilih agar dapat menciptakan suatu kesinambungan dalam topik perbincangannya. Mereka adalah Rudy “Kuclux (U Visual), Bottlesmoker, dan Grahadea Kusuf (CEO Kuassa).

Rudi “Kuclux” akan berbicara mengenai “find the authenticity”, cara menemukan kesenangan, lalu belajar dan memperdalam secara mandiri dan mengeksplorasi. Bottlesmoker membahas bagaimana cara untuk mengkaselerasi proses dalam berkarya dan memanfaatkan semua resource untuk mencapai hasil maksimal. Terakhir dibagian penutup, Grahadea Kusuf sebagai CEO Kuassa serta pentolan band elektronik, HMGNC akan bercerita dan membahas bagaimana sebuah kesenangan dan karya dapat dimonetisasi lalu menghasilkan bagi sang kreator dalam jangkan waktu yang lama.

Output dari event ini adalah berupa podcast materi dan youtube konten sehingga para peserta yang tidak hadir pun dapat menikmati suguhan perbincangan melalui kanal digital Masyarakat Audio Amatir. Audiens yang hadir secara langsung pun diharapakan dapat pulang dengan insight dari pembicara dan cara konkrit untuk memulai apapun yang hendak mereka mulai.

Acara A Walk The Talk – Talkshow Series ini akan diselenggarakan pada hari Minggu 22 Desember 2019, di Innovation Factory Jl. Ir. H Juanda No.108 , Kota Bandung. Acara ini gratis dan bebas untuk semua umur.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Mas Amir