Aksi Balas Budi Kucing dan Manusia di MV The Battlebeats

Menutup perjalanan panjang album Search And Destroy, projek solo dari Andresa Nugraha bernama The Battlebeats baru-baru ini telah melepas video musik untuk nomor “Stitch Your Heart Up”. Dikemas ke dalam format animasi, nomor yang tercantum di album Searh And Destroy (2020) ini cukup menarik untuk disimak, terlebih dari sisi narasinya yang nyeleneh.

Menurut Resa -nama panggilan Andresa, video musik ini menandakan akhir dari fase album Search And Destroy yang sudah berjalan selama 2 tahun. Selanjutnya diceritakan bahwa Battlebeats akan lebih fokus dengan dua mini album barunya yang rencananya bakal dilepas di bulan Mei 2022 mendatang.

Digarap oleh Bagongtempur, sang punggawa unit rock ugal-ugalan Muchos Libre, video musik “Stitch Your Heart Up” mengusung tema aksi balas budi antara manusia dan kucing yang digambarkan ke dalam visual mentah berwarna hitam dan putih. Menurut keterangan yang diterima, pengerjaan video musik ini terbilang memakan waktu cukup lama, yakni nyaris setengah tahun.

Kepiawaian Bagongtempur mengolah musik ke dalam video memang tak usah diragukan lagi. Di samping narasinya yang selalu nyeleneh, hasil visualnya pun begitu khas. Coba saja simak visual-visual Muchos Libre atau video musik yang bertajuk “Butaneko”

Sedikit tentang Search And Destroy, album yang dirilis tahun 2020 oleh Anoa Records dalam format CD dan kaset itu setidaknya memuat 16 nomor lagu. Masuk di tahun 2021 album tersebut dirilis kembali dalam format piringan hitam oleh label asal Jerman, Alien Snatch! Records.

Mengusung musik garage punk, Search And Destroy lumayan banyak mendapat pujian, entah itu oleh media lokal mau pun internasional. Salah satunya oleh media alternatif legendaris Maximum Rock ‘n Roll yang mengatakan; “The BATTLEBEATS are an Indonesian garage punk band. They have a very ’90s style. It’s lo-fi, distorted, and catchy. The vocals are screeched and the drum beats punchy. It’s basic dirty rock’n’roll with a fun attitude.”

Selain album Search And Destroy, di tahun 2019 The Battlebeats juga sempat merilis album mini self-tittled yang tahun 2020 dirilis ulang ke dalam piringan hitam 7 inci oleh label rekaman asal Austin, Texas, Post Party Depression Records.

Sebagai trivia, nama The Battlebeats sendiri kabarnya diberikan oleh Fifi, salah satu personil Teengenarate, band asal Jepang yang memang cukup banyak memberikan pengaruh kepada The Battlebeats. Selain menjalani projek The Battlebeats, Andreas Nugraha juga merupakan personil dari Saturday Night Karaoke.

Selagi menunggu album mini terbarunya dirilis, kini video musik “Stitch Your Heart Up” sudah bisa kalian simak di chanel YouTube resmi The Battlebeats.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari The Battlebeats

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading