Ajak Bilal Indrajaya, FLEUR! Mendaur Ulang Karya Ismail Marzuki

Masih dalam hangatnya perayaan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret lalu, trio FLEUR! yang dihuni oleh Tanya Ditaputri (gitar, vokal), Tika Pramesti (drum, vokal), dan Yuyi Trirachma (bas, vokal) kembali melepas materi teranyar. Kali ini mereka mengajak semua pendengarnya untuk bernostalgia dengan sebuah lagu karya sang maestro musik Indonesia, Ismail Marzuki. Yups, mereka mendaur ulang dan melepas tembang berjudul “Juwita Malam”

Kilas balik menjadi narasi utama dari perilisannya. Juga hal tersebut mempengaruhi pemilihan vokal pada single keempat FLEUR! ini. Berbeda dari lagu-lagu sebelumnya, kali ini Tanya, Tika, dan Yuyi hanya mengisi suara latar di “Juwita Malam”. Bagian utama vokal diisi oleh Bilal Indrajaya, penyanyi muda berjiwa klasik yang sesuai dengn tema perilisan lagunya.

“Kita pengen banget ada kolaborasi sama penyanyi laki-laki. Dan karakter suara Bilal kita rasa paling pas untuk membawakan lagu Juwita Malam,” jelas Yuyi dan Tanya bersama-sama.

Selain itu FLEUR! juga bekerja sama dengan rumah produksi independen Pancaran Sinema untuk video musik lagu ini. Video musik “Juwita Malam” disutradarai Dian Tamara, diproduseri Billy Saleh & Tantyo Satria Wibowo, dan dibantu oleh Dimas Bagus sebagai sinematografer. Mengajak aktor senior Pritt Timothy serta Bagus Ade dan Jeanneta Sanfadelia, video musik ini akan tayang perdana pada 18 Maret 2022 mendatang.

Sedangkan untuk proses penglolahan bunyi, sentuhan akhir mixing dan mastering dikerjakan oleh Viki Vikranta (Kelompok Penerbang Roket). Serta di sektor visual, sampul “Juwita Malam” digarap oleh ilustrator Ilham Rambe.

“Juwita Malam” dirilis dalam bentuk digital dengan durasi 3 menit 48 detik. Versi audio dapat didengar lewat berbagai platform musik digital sejak tengah malam 11 Maret 2022. Sedangkan versi video musiknya akan tersedia di kanal YouTube FLEUR!. Kita tunggu saja.

Sedikit kembali ke belakang, FLEUR! Sendiri merupakan band yang sudah terbentuk sejak tahun 2017. Bermula dari Europalia, sebuah festival musik dua tahunan di Belgia yang meminta kurator musik di Indonesia untuk membuat sebuah grup musik tribute Dara Puspita –mengingat Dara Puspita adalah unit rock n’ roll perempuan legendaris asal Indonesia yang memiliki basis penggemar di Eropa. Kala itu kurator musik Ubiet Raseuki memilih David Tarigan (Irama Nusantara) untuk membentuk grup tribute ini.

Singkat cerita, Tanya Ditaputri, Tika Pramesti, Rika Putrianjani, dan Yuyi Trirachma akhirnya berkumpul dan membentuk sebuah grup bernama Flower Girls. Selepas projek Europalia, Tanya, Tika Rika, dan Yuyi memutuskan untuk melanjutkan band ini –dengan materi baru dan juga nama baru: FLEUR!. Namun di tengah proses penggarapan album, Rika memutuskan untuk hengkang dan FLEUR! memutuskan untuk melanjutkan dengan format trio.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari FLEUR!

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading