‘A Culture A 6’ Mini Album yang Asik dari Feel Koplo

Kultur baru dalam dunia musik seakan makin beragam. Sejatinya meramu musik bukan menjadi sesuatu yang baru saat ini bahkan sudah menjadi tontonan dan wanaha yang menyenangkan. Maraknya me-remix musik menjadi nuansa dangdut memang sudah tidak asing bagi semua penikmat musik, ini juga yang dimanfaatkan oleh Feel Koplo, duo elektronik asal kota Bandung, Feel Koplo mencoba meleburkan dua kutub musik yang berbeda, popular dan arus pinggir dan menjadikannya musik “dangdut” yang khas dan dapat dinikmati oleh emua kalangan masyarakat.

Feel Koplo yang sebelumnya sudah merilis single ‘Alkulturasik’ pada bulan November 2020 lalu, dan juga merilis official remix dari ‘Gurita Kota’ milik The Panturas di Februari 2021 lalu, kini Feel Koplo nekat untuk merilis mini album perdananya yang diberi judul ‘A Culture A 6’ jika dibaca secara bersamaan tetap akan menjadi “Akulturasik” sebuah pemilihan nama yang unik, mengingat di dalam mini album ‘A Cultur A 6’ ini juga berisikan enam nomor, tiga lagu orisinal dan tiga lainnya adalah hasil remix Feel Koplo, diantaranya The Panturas, Rocket Rockers hingga Closehead.

Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad juga menjelaskan tema besar dari mini-album ini yang berkisar tentang kehidupan masyarakat urban; perjuangan sehari-hari dan hubungan antar manusia yang dipengaruhi oleh teknologi. Penyataan ini tergambar pada single orisinal “Hura-Haru”. Melalui potongan lirik (Biar aku dan kamu campur yang lainnya/rekam memori masa lalu/sikat haru jadi hura), pendengar disuguhi cerita hubungan pasangan yang saling mendukung baik ketika susah maupun senang.

“Kami melihat A Culture A 6 sebagai pengukuhan atas identitas Feel Koplo,” tutur salah satu personil, Maulfi Ikhsan. “Feel Koplo sekarang bisa bilang: kami bisa buat lagu sendiri, kami juga bisa memberikan tribute untuk para teman dan idola kami. Semuanya dikemas dalam musik atau Dangdut gaya kami.” Lanjutnya.

Selain tiga nomor orisinal orisinal yang masuk ke mini album ‘A Culture A 6’ seperti ‘Alkulturasik’, ‘Angin Berderu Kencang’, dan juga ‘Hura-Haru’, Feel Koplo melengkapinya dengan tiga official remix di album ‘A Cultur A 6’ ini dengan ‘Gurita Kota’ milik The Panturas, ‘Hari Untukmu’ milik Roket Rockers, dan juga ‘Berdiri Teman’ lagu jagoan dari Closehead.

Dalam perilisan album ‘A cultur A 6’ ini Feel Koplo sudah meluncurkan ‘pemberitahuan’ melalui kanal YouTube mereka dalam bentuk video, dengan konsep pembacaan berita atau reportase dan beberapa pelesetan-pelesetan tokoh dan artis. Kini mini album ‘A Culture A 6’ sudah dapat didengarkan di semua platform digital.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Microgram Entertainment

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading