50 Tahun Perayaan Album Penting David Bowie

Parlophone Records baru-baru ini mengumumkan perihal detail dari perilisan album Metrobolist (The Man Who Sold The World) 50th Anniversary Edition yang akan dilepas secara luas di seluruh penjuru dunia pada tanggal 6 November mendatang. Kenapa dipilih di bulan November? Sebabnya karena, 50 tahun yang lalu di bulan tersebut, album ini dilepas untuk pertama kalinya oleh David Bowie di Amerika Serikat. Yang menarik lagi adalah, saat di Amerika album tersebut sudah bisa didengarkan, tetapi negara-negara lain harus menunggu sampai April 1971 untuk bisa mendengarkan dan menjadi saksi dari lahirnya album penting ini. Album ini pula yang menandakan fase baru bagi Bowie di tahun 70-an, dan juga menjadi tempat pertama kalinya Bowie berkolaborasi bersama dengan gitaris Mick Ronson. Tercatat keduanya pernah merilis album-album terbaik seperti Hunky Dory, Ziggy Stardust, Aladdin Sane, sampai album klasik berjudul Scary Monsters. 

Lalu kenapa diberi tambahan kata Metrobolist? Ternyata, album ini dulunya berjudul asli kata tersebut. Namun di  di detik-detik terakhir perilisan, nama album tersebut dirubah menjadi The Man Who Sold the World. Sejatinya, rekaman master diberi judul Metrobolist. Rilisan ulang 2020 ini kembali ke judul album awal Metrobolist yang di-remix oleh produser aslinya, Tony Visconti, kecuali untuk lagu “After All” yang Tony anggap sudah bagus sejak awal. Desain sampul Metrobolist 50th Anniversary dibuat oleh Mike Weller, seniman yang karyanya sempat kontroversial karena sampul album The Man berkonsep gaun, yang ditolak oleh Mercury Records. Bagian dalam sampul dari album ini juga menampilkan banyak foto dari sesi foto Mr Fish-nya Keith MacMillan di Haddon Hall, yang akhirnya menjadi sampul untuk The Man Who Sold the Wold yang dijual di luar Amerika Serika pada tahun 1971.

Metrobolist (The Man Who Sold The World) 50th Anniversary Edition 

Seperti rilisan piringan hitam Space Oddity 50th Anniversary dan edisi plat 180 gram, Metrobolist juga bakal dirilis terbatas dengan tanda tulisan tangan pada setiap platnya di piringan emas (1971 sampai 2020) serta di plat putih dari 1 sampai 1970, secara acak didistribusikan.

Sebagai peringatan 50 tahun cerita tahun 1970 perihal sampul album tersebut, hal ini pun diceritakan secara lengkap dengan foto pakaian yang tidak terpakai. Seperti yang dijelaskan Mike Weller:

“There is a story concealed in the carpet-scattered playing cards, David has thrown a plain 52 card deck in the air as though “casting the runes” but in a significant break from 60s Tarot divinations such as I Ching etc he casts runes using a four-suit pack and switches man-dress, along with the Court Card of the Future from right hand to left, signifying a new decade and new cultural era.”

Bowie secara pribadi menyampaikan konsep Metrobolist ke label rekaman untuk produksinya, dan sekarang dengan rilisan ini, kita dapat melihat album ini lebih dekat dengan konsep aslinya. Di tahun 2000, Bowie sempat berbicara soal konsep sampul album, “Mick Weller merancang kartun yang terlihat subversif ini, dan memasukkan beberapa hal yang cukup pribadi. Bangunan di latar belakang kartun itu sebenarnya adalah rumah sakit jiwa tempat saudara tiriku dirawat. Jadi bagi saya, hal itu memiliki banyak keterkaitan dengan hidup saya.”

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip dari Parlophone Records 

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading