5 Alasan Kenapa Rock In Celebes 2021 Begitu Penting Untuk Disimak

Memasuki tahun ke-12, Rock In Celebes kian menunjukan taji atas kiprahnya di ranah festival musik. Tahun ini, festival yang berbasis di pulau Sulawesi tersebut kembali menggulirkan agendanya dan akan digelar selama 10 hari, dari tanggal 10-19 Desember dan akan berlangsung di 10 lokasi yang berbeda.

Berikut ini adalah lima alasan mengapa kita semua harus datang atau setidaknya menyimak rangkaian program Rock In Celebes 2021.

1. Meluncurkan Buku “Rock In Celebes: 100 Tahun Musik Populer Makassar”

Salah satu yang menarik dan patut ditunggu dalam perayaannya tahun ini, selain menggelar festival secara luring selama 10 hari di 10 lokasi berbeda, Rock In Celebes juga akan meluncurkan sebuah karya berupa buku yang berisi rangkuman perjalanan festival utama Rock In Celebes selama 10 tahun (2010-2019) hingga perjalanan 100 tahun musik populer di Makassar.

Buku yang ditulis oleh Anwar Jimpe Rachman ini akan diluncurkan secara spesial tepat pada perayaan Rock In Celebes 2021. Bagi pengikut Rock in Celebes, terlebih pecinta musik dan sejarah, buku ini bisa jadi salah satu keping harta karun yang sangat berharga. Buku ini banyak membahas soal sejarah panjang musik (jejak sejarah musik di Makassar, kekuatan dan pengaruh musik rock di Indonesia secara menyeluruh, dan tentu saja kaitannya dengan Rock in Celebes).

2. Menghadirkan Konsep Sirkuit Musik

Rock In Celebes setiap tahunnya selalu bertransformasi, menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan yang selalu berubah. Mungkin hal tersebut adalah salah satu kunci kenapa akhirnya Rock In Celebes bisa bertahan sampai dengan sekarang.

Di tengah kondisi yang belum pulih sepenuhnya, di mana kerumunanan masih menjadi suatu hal yang beresiko, Rock In Celebes 2021 menawarkan konsep segar, yaitu menggelar festival selama 10 hari di 10 venue berbeda untuk memecah penonton.

“Jadi kita bikin satu platform, kita bikin kayak sirkuit musik di mana orang bisa nonton konser selama 10 hari tapi dipecah gitu. Dipecah tuh kalo biasa normalnya Rock In Celebes penontonnya bisa sampai ribuan orang di sini cukup misalnya seratusan orang tapi ada 10 hari dibeberapa tempat. Itu konsep sirkuit yang kami namakan sirkuit musik.” Terang Ardy Siji founder Rock In Celebes dalam Konferensi Pers.

Transformasi ini juga tidak lepas dari kondisi saat ini dengan situasi pandemi yang belum kunjung usai, penyelenggaraan Rock In Celebes 2021 menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

3. Digelar di 10 Venue Bersejarah di Makassar

Salah satu faktor yang membuat festival musik bisa terhubung dengan pengunjung tentu adalah faktor lokasi. Dalam gelarannya yang ke 12 ini, Rock In Celebes hadir di 10 venue berbeda yang memiliki nilai histori bagi masyrakat luas mau pun bagi Rock In Celebes sendiri.

10 venue tersebut diantaranya; Gedung Kesenian Sulawesi Selatan/Societeit De Harmonie (10 Desember), Auditorium RRI (11 Desember), Fort Rotterdam (12 Desember), Chambers Shop (13 Desember), Rooftop Garden Nipah (14 Desember), Podium Lapangan Karebosi (15 Desember), Monumen Mandala (16 Desember), Phinisi Point (17 Desember), Celebes Convention Center (18 Desember), dan hari terakhir di Pelataran Trans Studio Mart (19 Desember).

“Yang menarik kemudian bahwa tepat 100 tahun, 2021, Black and White Jazz Band yang di dalamnya ada seorang pemuda berumur 17 tahun bermain biola bernama WR Soepratman manggung untuk pertama kali. Manggung di salah satu tempatnya adalah di Societeit De Harmonie tempat Rock In Celebes 2021 dibuka” jelas Anwar Jimphe saat konferensi pers.

Lokasi lain yang cukup mencuri perhatian adalah Auditorium RRI yang terletak di Jl. Riburane. Tempat ini pernah menjadi salah satu “venue wajib” pagelaran musik di Makassar. Tidak terhitung lagi berapa banyak grup musik yang pernah tampil, terlebih musisi-musisi cadas yang dibawa oleh komunitas dan kolektif lokal, tertoreh banyak sejarah manis bagi kancah musik di Kota Makassar

4. Menghadirkan sederet Musisi Nasional dan Talenta-talenta Lokal yang Patut Diantisipasi

Setelah mengumumkan berbagai program, termasuk peluncuran buku dan 10 venue yang akan digunakan, beberapa hari lalu Rock In Celebes kembali memberikan pengumuman penting ihwal siapa saja yang nanti bakal mengisi panggung Rock In Celebes 2021.

         Baca juga: Rock In Celebes Luncurkan Buku tentang Geliat 100 Tahun Musik di Makassar

Deretan musisi nasional diantaranya; Tipe-X, Rocket Rockers, Pusakata, Endah N Rhesa, Dead Vertical, Fraud, Jason Ranti, Iksan Skuter, Diskopantera, Lojoe X Kapal Udara. Sedangkan nama-nama pengisi pnggung lainnya tak kalah menari, diantaranya; Natinson, Akram Hadinata, Arief S. Pramono & Friends, Senjanada, Akbar Mandela, Irfan Azis,  Frontxside, Discern Middle, Supermen Karet, Front To Fight, Resign Leader, Paradivya, HAS, Hirah Sanada, Fais Palintan, Ruang Baca, sampai Penenun Kata.

Meskipun belum mengumumkan semua line-up sampai tanggal 19 Desember nanti, namun apa yang disampaikan oleh Rock In Celebes ini cukup menjawab rasa penasaran.

5. Hadir dengan Merchandise Legacy Collection

                  Baca juga: Deretan Pengisi Panggung Rock In Celebes 2021

Salah satu yang wajib dimiliki ketika datang ke festival musik tentu adalah merchandise. Kali ini Rock IN Celebes merilis merchandise spesial yang diberi tajuk ‘Legacy Collection’. Ini adalah kumpulan merchandise yang juga merupakan potret perjalanan panjang Rock in Celebes yang gemanya dimulai dari tahun 2010 hingga 2020 yang dirilis dengan design/tampilan terbaru yang menyegarkan!

Menurut Rock In Celebes, semua rilisan merchandise Rock in Celebes termasuk ‘Legacy Collection’ ini diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Jangan sampai kehabisan!

Simak dan pantau terus informasinya di website dan media sosial resmi Rock In Celebes!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Rock In Celebes

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading