Hasil Pemikiran Mendalam SMSR dalam Album Debut

Setelah dua tahun terakhir merilis empat singgel dan du EP, unit laid-back psychedelic asal Jakarta, SMSR telah meluncurkan debut albumnya yang bertajuk Egress. Proses pembuatan album ini cukup memakan waktu banyak, karena dari segi komposisi aransemen materi dan keadaan dunia yang kemarin tidak baik baik saja. Dalam naungan Palm House Records dan sentuhan magis dari produser Rundu Talenta, SMSR akhirnya memberanikan diri untuk merilis album debutnya.

Egress adalah bentuk rehabilitasi dari depresi yang berulang, pemikiran yang terisolasi, dan pertanyaan besar tentang keberadaan. Suatu keberkahan menemukan jalan keluar dan ketekunan dalam berbagai lingkaran kehidupan tanpa akhir. Keberagaman dalam setiap lagu sesuai dengan titik-titik di mana positivisme dan negativisme berbenturan dalam semua akal untuk hidup.

Setelah mempertimbangkan pemikiran secara mendalam, album ini mencoba untuk membuka rasa bersalah dan menghadapi semua masalah menjadi sesuatu yang indah, sehingga kita percaya bahwa sesuatu yang bermakna akan keluar dari, oleh, dan untuk diri sendiri dan orang di sekitarnya.

Semua struktur lagu pada album ini keluar dari suatu teka teki yang belum terpecahkan. Saat di mana Anda kembali ke “Square One” akan timbul suatu perasaan yang mengenang untuk berputar kembali ke tempat Anda tinggalkan dan diacak dalam momen kekaguman. Bukanlah sebuah perjalanan hidup jika tidak ada satu pun optimisme dari seorang “Pollyanna” yang akan berpikir bahwa semuanya serba ceria dan gembira. Dalam cara perasaan itu disampaikan kepada “Tell Them That It’s Okay” untuk menganggap kami sebagai pemberontak karena ini adalah satu-satunya cara kami.

“Kami dedikasikan album ini untuk kerabat, keluarga, teman dan kalian semua. Debut album dari SMSR, Egress,” tulis mereka dalam keterangan pers.

Perjalanan SMSR menuju Egress telah mereka mulai sejak tahun lalu. Trek ketiga “Pollyanna” telah dirilis sebelumnya tahun ini. Beberapa versi  “The Things I Do” pun telah mereka rangkum dalam EP dengan judul yang sama. Selain itu, “Gentle Seed” dan “The Sentiment” SMSR rilis dalam bentuk nomor tunggal tahun lalu.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari SMSR

 

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading