Hasil Pemikiran Mendalam SMSR dalam Album Debut

Setelah dua tahun terakhir merilis empat singgel dan du EP, unit laid-back psychedelic asal Jakarta, SMSR telah meluncurkan debut albumnya yang bertajuk Egress. Proses pembuatan album ini cukup memakan waktu banyak, karena dari segi komposisi aransemen materi dan keadaan dunia yang kemarin tidak baik baik saja. Dalam naungan Palm House Records dan sentuhan magis dari produser Rundu Talenta, SMSR akhirnya memberanikan diri untuk merilis album debutnya.

Egress adalah bentuk rehabilitasi dari depresi yang berulang, pemikiran yang terisolasi, dan pertanyaan besar tentang keberadaan. Suatu keberkahan menemukan jalan keluar dan ketekunan dalam berbagai lingkaran kehidupan tanpa akhir. Keberagaman dalam setiap lagu sesuai dengan titik-titik di mana positivisme dan negativisme berbenturan dalam semua akal untuk hidup.

Setelah mempertimbangkan pemikiran secara mendalam, album ini mencoba untuk membuka rasa bersalah dan menghadapi semua masalah menjadi sesuatu yang indah, sehingga kita percaya bahwa sesuatu yang bermakna akan keluar dari, oleh, dan untuk diri sendiri dan orang di sekitarnya.

Semua struktur lagu pada album ini keluar dari suatu teka teki yang belum terpecahkan. Saat di mana Anda kembali ke “Square One” akan timbul suatu perasaan yang mengenang untuk berputar kembali ke tempat Anda tinggalkan dan diacak dalam momen kekaguman. Bukanlah sebuah perjalanan hidup jika tidak ada satu pun optimisme dari seorang “Pollyanna” yang akan berpikir bahwa semuanya serba ceria dan gembira. Dalam cara perasaan itu disampaikan kepada “Tell Them That It’s Okay” untuk menganggap kami sebagai pemberontak karena ini adalah satu-satunya cara kami.

“Kami dedikasikan album ini untuk kerabat, keluarga, teman dan kalian semua. Debut album dari SMSR, Egress,” tulis mereka dalam keterangan pers.

Perjalanan SMSR menuju Egress telah mereka mulai sejak tahun lalu. Trek ketiga “Pollyanna” telah dirilis sebelumnya tahun ini. Beberapa versi  “The Things I Do” pun telah mereka rangkum dalam EP dengan judul yang sama. Selain itu, “Gentle Seed” dan “The Sentiment” SMSR rilis dalam bentuk nomor tunggal tahun lalu.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari SMSR

 

Gelisah Tak Punya Uang, MRNMRS Rilis Lagu Baru

“Money” merupakan judul dari nomor terbaru MRNMRS yang dirilis pada Kamis (2/12). Dalam lagu tersebut, trio asal Bandar Lampung tersebut mencoba mengangkat situasi dunia yang membuat para musisi seperti mereka...

Keep Reading

Rock In Solo Kembali Hadir dalam Format Bebeda

Setelah beberapa tahun vakum, salah satu festival musik rock raksasa yang berbasis di Jawa Tengah, Rock In Solo, akhirnya datang lagi di bulan Desember ini. Di tengah terpaan pandemi yang...

Keep Reading

Seperangkat Alat untuk Menopang Rumah Tanggamu dari Radiohead

Radiohead telah mengumumkan sekumpulan merchandise untuk mendukung promosi album kompilasi plus plus mereka, Kid A Mnesia. Beberapa barang dagangan band asal Inggris ini lumayan bisa dijadikan kado pernikahan untuk pengantin yang...

Keep Reading

The Hauler Rawk yang Bangkit dari Reruntuhan Palu

Bicara soal musik di Kota Palu ternyata bukan lah mantan wakil wali kotanya saja. Kota tersebut juga menjadi tempat bersemayam banyak pembawa musik keras yang aktif mengeluarkan karya. Setelah sebelumnya...

Keep Reading