Sensasi Berbeda 3D Audio di Single Terbaru Dhira Bongs, "NY 2 AM"

Dhira Bongs menyokong single terbarunya, “NY 2 AM”, dengan teknologi 3D Audio. Hasil akhir lagu ini membuat pendengar merasakan sensasi berada di suatu ruangan dengan segala keadaannya jika didengarkan melalui headphone.

Dari awal lagu saja, pendengar sudah dimanjakan dengan bunyi synth yang berjalan dari kiri ke kanan ke kiri lagi dan ke kanan lagi. Instrumen tersebut juga diiringi dengan bebunyian riuh jalan namun tenang yang lebih relevan lagi jika didengarkan sembari menonton visualizer yang diunggah Dhira di akun Youtubenya. Dhira juga melengkapi lagunya dengan bebunyian yang memang ada di suatu ruangan, pintu terbuka, tuangan air, semua begitu lengkap memenuhi telinga hingga kepala pendengar.

Canggar Krisnatry lah yang berjasa untuk membuat suasana itu. Dengan teknologi binaural mixing, ia lebih leluasa untuk membuat sensasi yang lebih realistis dan terasa berada di luar kepala dan telinga pendengar. Hasil kerja Canggar ini membuat Dhira dapat menggambarkan lagu terbarunya sebagai “balada patah hati yang dingin dengan suara futuristik”.

“Lagu ini bercerita tentang sudut pandang seseorang tentang keraguan terhadap hubungan yang sedang dijalaninya. Seseorang ini, jelas Dhira, sedang terjebak dalam hubungan di mana pasangannya berada dalam ketidakmampuan dan ketakutan untuk dekat dengannya,” jelas Dhira melalui siar pers tentang makna liriknya.

Ini merupakan salah satu bentuk dari Pop Eksploratif yang diusung Dhira. Ia memang punya kemampuan eksplorasi yang mumpuni dengan segala pengalaman “ngeband”-nya, dari menjadi gitaris untuk band punk hingga death metal. Di single terakhirnya sebelum ini bersama Grace Sahertian, Holiday Savvy, ia memasukkan nuansa paduan suara klasik dalam sebuah komposisi R&B.

Sisi ekploratif ini lah yang membawanya hingga Jepang dan Amerika Serikat. Ia pernah melaksanakan Tour di Jepang pada tahun 2017, dan merupakan satu-satunya kontingen Indonesia yang tampil di South by Southwest Festival 2019 (SXSW), Austin Texas tahun 2019 silam. Selain menjadi penampil, Dhira pun turut serta mengikuti beberapa sesi konferensi termasuk sesi mentor bersama delegasi lainnya yang datang dari berbagai negara dan menampilkan nama-nama seperti Nile Rodgers, Kirsten Stub dan Samuelson dari Interscope Records, Frank Hill dari Universal Music Group, Richard Jones, Jodie Foster, dll.

Dhira merupakan musikus yang lumayan produktif. “NY 2 AM” merupakan nomor tunggal keduanya tahun ini selain, Holiday Savvy. Di beberapa tahun ke belakang, setidaknya ia merilis satu lagu dalam satu tahun. Selain itu, ia juga sempat merilis dua album penuh berjudul Head Over Heel (2016) dan My Precious (2014).

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Dhira Bongs

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading