Akhir pekan ini, tradisi Records Store Day di Indonesia kembali digelar. Ada sejumlah variasi tanggal, di mana masing-masing kota punya agendanya masing-masing yang tidak harus sama satu sama lain.

Di Indonesia, cara merayakan Record Store Day jadi berkembang ke sejumlah alternatif penyelenggaraan. Yang bisa ditemukan di banyak kota adalah bazaar rekaman disertai event musik di mana banyak band unjuk gigi. Bisa dimaklumi, karena toko rekaman punya model bisnis yang berbeda-beda; ada yang punya toko fisik ada yang punya toko maya. Benang merahnya, semua orang berhak merayakan Records Store Day dengan caranya masing-masing. Sah-sah saja bagaimana dijalankan.

Yang jelas, yang suka mengoleksi dan menemukan musik, dijadikan pemenang. Merekalah yang dirayakan keberadaannya.

Seperti tahun-tahun sebeluknya, momen Records Store Day juga dijadikan ajang untuk merilis khusus karya, baik yang baru maupun yang bersifat reissue dalam format yang baru dengan versi aslinya.

Informasi yang beredar pun masih samar-samar mengingat banyak orang masih mempersiapkan proses pengerjaan rilisan mereka. Di bawah ini, kami memilih sepuluh rekaman yang layak diburu di Records Store Day 2019.

Tidak semua punya sample rilisan. Tapi, beberapa video di bawah masing-masing nama mungkin memberikan penjelasan tentang bagaimana musik band yang bersangkutan. Happy Records Store Day! (*)

01. The Sweetest Touch/ The Wellington – Self Titled Split

Dua band indiepop asal Depok di samping Jakarta, bergabung merilis split album dalam bentuk kaset. Ini rilisan kedua Guerilla Records setelah reissue EP fenomenal Barefood, Sullen, dalam bentuk vinyl beberapa waktu yang lalu.

 

02. Morfem – Apapun Dilibas

Album baru Morfem. Dinantikan banyak orang. Dijamin jadi salah satu rilisan paling dicari tahun ini.

 

03. The Panturas – Queen of the South

Single baru The Panturas yang dirilis secara digital beberapa bulan yang lalu kini akan tersedia dalam bentuk kaset. Dirilis oleh LaMunai Records.

 

04. The Rangrangs – Sejuknya Mobil Bapakmu

Band punk tiga jurus asal Bekasi ini merilis kaset berisi tiga lagu dengan single Sejuknya Mobil Bapakmu yang sudah sering mereka mainkan di panggung.

 

05. Pijar – Lunar Biru

Perantau asal Medan ini, makin melebarkan sayap mereka dengan hijrah ke Jakarta. Lunar Biru dirilis dengan tiga pilihan cover berbeda.

 

06. Fulanfehan – Mars

Band asal Jambi. Dari video di bawah, sekilas musiknya menarik. Layak untuk ditindaklanjuti setelah dapat rekamannya.

 

07. Sattle – Heuristic EP

Sattle lumayan misterius. Heuristic EP dirilis oleh Papaya Records.

 

08. Zigi Zaga – Psycho Mob

Debut album band rock empat orang asal Jakarta yang melibatkan Eka Annash dari The Brandals yang kali ini jadi pemain bas.

 

09. Rubah di Selatan – Anthera

Akhirnya debut album Rubah di Selatan dirilis dalam bentuk fisik. Setelah mendadak sibuk main ke banyak kota, sudah saatnya menunaikan hal penting dalam karir mereka; merilis karya yang bisa diakses orang banyak.

 

10. Riko Prayitno

Gitaris Mocca yang dikenal luas sebagai kolektor dan sumber gitar-gitar bagi sesama gitaris akhirnya bernyanyi dan merilis karya solo.

*) Masih banyak rilisan-rilisan Records Store Day yang tidak masuk radar kami ketika tulisan ini diselesaikan. Selamat berburu. Rayakan terus rilisan fisik!