Musik jadi punya banyak wajah dalam pengalaman Saska Paloma Gladina. Awalnya, ia ingin berkarir sebagai seorang musisi saja. Namun setelah mengambil mata kuliah fotografi di fakultasnya, ia malah memilih jalur fotografer sebagai jalan karirnya. Menyukai musik adalah alasan utama dia menjadi seorang fotografer panggung, namun ada tujuan sebenarnya di balik itu; agar bisa menonton konser dan mendapat akses backstage secara cuma-cuma.

“Nggak munafik mas, semua pasti berpikiran sama seperti saya. Tujuan utama tetap motret, tapi pasti ada ada tujuan lainnya. Ya itu tadi, bisa dapat akses konser secara gratis. Kan lumayan, bekerja sambil ketemu musisi idola,” cerita Saska.

Saat ini, Saska menjadi fotografer lepas untuk beberapa band. Jadwal kuliah yang padat dan persiapan tugas akhir, membuatnya tidak bisa banyak mengambil pekerjaan sebagai fotografer panggung.

Selain aktif sebagai seorang fotografer lepas, dia terlibat di Stageid Bandung. Membentuk komunitas agar bisa saling kenal dan bertemu dengan sesama fotografer di Bandung, sering bertemu di konser namun tak saling sapa terasa aneh baginya. Dari komunitas ini, telah banyak fotografer yang kini menjadi official dari beberapa band/ musisi di Indonesia.

Cita-cita sebagai musisi sepertinya tetap ingin diwujudkan, sejak 2015 Saska memiliki sebuah band bernama Weekend Roll. Musik rock yang mereka mainkan, sejauh ini telah menghasilkan satu buah EP berjudul “Dua Titik Lima” pada tahun 2016 silam dan satu single “Sosial Media, Menyebalkan” pada awal tahun ini. Menurut rencana, tahun 2019 mendatang, band ini akan merilis debut albumnya.

“Ego yang masih harus terwujud sih bentuk band ini, soal materi sendiri kami selalu mengangkat isu sosial dan kenapa lirik kami banyak menggunakan Bahasa Inggris karena agar lebih universal saja. Saat ini lagi persiapan mengumpulkan materi yang banyak untuk album mendatang,” ujar Saska menjelaskan obsesinya sebagai musisi.

(Weekend Roll)

Kembali ke fotografi, baru-baru ini, Saska terpilih mengikuti Bottlesmoker tur ke Mongolia lewat program OutlabTrip.

Selain Bottlesmoker, Saska juga pernah menjadi official fotografer tur dari penyanyi Dhira Bong yang saat itu menghelat sebuah tur di Jepang pada September 2017 silam. Juga pernah menjadi official fotografer dari band Hollywood Nobody dan gelaran musik Hellshow milik Burgerkill.  Agenda terdekat saat ini adalah menjadi fotografer untuk Potato Head Bali dalam event Sunny Side Up 2018 mendatang, serta skripsi yang harus segera diselesaikan.

Gas terus Saska!

teks: Adjust Purwatama
foto/dok: Saska Paloma Gladina