Kabar duka kembali menyelimuti dunia musik Indonesia, Senin (5/2)  tepat pukul 07.35 WIB musisi legenda Yockie Suryo Prayogo meninggal dunia. Mantan personil Godbless ini menghembuskan nafas terakhirnya di RSPI Bintaro, Tangerang. Rencananya, musisi kelahiran 14 September 1954 itu akan dimakamkan hari ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Pada bulan September 2017 kemarin, Yockie mengalami kritis akibat pendarahan pembuluh darah di otaknya. Semenjak saat itu, kondisi kesehatannya diketahui terus menurun. Pada 24 Januari 2018, sejumlah sahabat dan rekan Yockie menggelar konser untuk memberikan dukungan kepada sang Penjilat Matahari ini. Konser yang bertajuk Pagelaran Sang Bahaduri itu, digelar di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Konser tersebut dimeriahkan oleh sejumlah musisi tanah air seperti Aning Katamsi, Berlian Hutauruk, Fariz RM, Keenan Nasution, Khadri Mohamad, Glenn Fredly, Andy /rif, D’ Masiv, Dira Sugandi, dan Banyak lainnya.

Kabar duka ini mencuat melalui akun Twitter pengamat musik senior Adib Hidayat. “Innalillahi wa innalillahi rojiun. Bokap baru aja meninggal Dib, isi pesan dari Nara, putra Yockie Suryo Prayogo pagi ini. Alfatihah,” tulisnya di @adibhidayat.

Beliau tercatat pernah tergabung dalam berbagai grup band Indonesia seperti Bigman Robinson, Double O, Giant Step, Contrapunk, dan Jaguar. Maestro kibordis ini kian melambung namanya setelah tergabung bersama band rock Godbless, menelurkan album-album bersejarah seperti Godbless (1975) dan Semut Hitam (1988). Kiprah Yockie juga tercatat dalam album monumental Jurang Pemisah (1977) bersama Chrisye, serta menjadi salah satu suksesor di balik album terbaik Indonesia sepanjang masa versi majalah Rolling Stone Indonesia, Badai Pasti Berlalu (1977) bersama Chrisye, Eros Djarot, Berlian Hutauruk, Fariz RM, Keenan Nasution dan Deby Nasution.

Keahliannya bermain musik telah membawa almarhum menjelajah bermacam genre ketika dirinya masih hidup, dari jazz, prog, sampai rock pun ditekuni. Selamat jalan Yockie Suryo Prayogo, surga yang damai menantimu.

teks: Adjustpurwatama
foto: dok. Beritagar.id