Hanya berselang kurang dari dua bulan sejak lagu Jalan Pulang dirilis, Pusakata kembali melempar single baru. Untuk menyambut musim lebarab, ia merilis single Kumpul Famili dan Teman pada 31 Mei 2019.

Dalam keterangan pers yang dikirim ke SiasatPartikelir.com, diketahui bahwa pemilik nama asli Muhammad Istiqamah Djamad (Is) itu sengaja memilih tanggal peluncuran berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri agar kelak lagu terbarunya dapat mengiringi momen bersilaturahmi di hari besar yang akan segera tiba.

Bila pada lagu Jalan Pulang, Pusakata bercerita tentang makna rumah, maka di lagu Kumpul Famili dan Teman cara bercerita yang dipilih menggambarkan suasana rumah yang hangat karena diisi oleh kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teman.

“Keluarga itu seperti air. Tak habis-habis rasa haus kita padanya akan selalu muncul. Meski kita teguk berulang kali. Keluarga itu seperti pasir di laut. Meski terbang ditiup angin atau hilang terbawa arus, dia akan selalu menjadi satu kesatuan pada akhirnya. Keluarga itu ibarat urat nadi kita, kalau terpotong maka hilang kuasa atas tubuh kita. Keluarga itu adalah rumah, tempat segala mimpi dan angan berawal. Membentuk keberanian untuk berjuang menghadapi hidup beserta tantangan di dalamnya dan ia akan menjadi tempat di mana kita akan pulang bersandar dan beristirahat,” katanya.

“Sedangkan teman adalah kekuatan tambahan dari Tuhan. Teman adalah bukti betapa kita adalah makhluk yang tak bisa sendiri. Bukti bahwa kadang kita lemah. Bukti bahwa kadang kita tak selalu benar. Baik buruknya hidup kita dipengaruhi dari orang-orang yang kita pilih sebagai teman. Teman itu karunia hidup kita setelah keluarga. Bahkan kadang mereka menjelma menjadi keluarga,” lanjutnya.

Selamat mendengarkan single baru ini. Selamat menyambut lebaran . (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Pusakata