Tidak banyak yang berani memilih membuat acara di pagi hari. Alasan yang paling dasar adalah pertanyaan ini, “Memang, orang mau datang pagi-pagi?” Apalagi kalau venue acaranya terletak tidak di pusat kota.

Tapi, Yayasan Kampung Halaman di Jogjakarta punya pendekatan yang lain. Demi alasan bersenang-senang dan berkumpul bersama, punya sebuah seri bernama Selamat Pagi yang telah diselenggarakan sebanyak 19 kali. Konten acaranya tumpah ruah, ada banyak aktivitas di dalam satu area. Siapapun boleh datang.

Yayasan Kampung Halaman sendiri adalah sebuah ruang kreatif  untuk merangkul dan mewadahi segala bentuk kreatif anak muda yang ada di Jogjakarta. Ada beberapa program yang telah berjalan. Selain Selamat Pagi (gigs), ada juga Sekolah Remaja (lab), Film Kolaborasi (film), dan Jalan Remaja (jaringan komunitas). Yayasan yang berdiri sejak 2006 ini, memiliki tujuan untuk selalu menciptakan regenerasi baru di kalangan anak muda di sekitar mereka.

Kembali ke Selamat Pagi yang diselenggarakan –sudah tentu— di pagi hari. Konsepnya adalah pergi piknik bersama menikmati lantunan musik dan ditemani  hamparan sawah dan pohon serta dapat tambahan dari bebunyian dari sungai yang mengalir. Kegiatan ini juga menjadi laboratorium terbuka untuk anak muda agar bisa berbagi informasi, eksistensi, dan jaringan dalam pengembangan potensi mereka.

Acara ini diselenggarakan setiap tiga bulan sekali, dulu bahkan di awal bisa diadakan setiap satu bulan sekali. Kenapa tiga bulan sekali? Alasannya adalah agar proses di belakang acara ini lebih maksimal. Ada waktu untuk menyamaratakan visi dan misi antar penyelenggara dan pengisi acara, agar komunikasi juga terjalin lancar. Banyak yang hadir untuk sekedar menikmati musik, bertemu teman yang lama tidak jumpa, dan yang paling menarik adalah acara ini bisa menjadi ekstrakulikuler dari anak-anak sekolah untuk unjuk kebolehan. Contoh kecil saat ada sekumpulan anak kecil membawakan performance wayang dan mural.

Agenda di dalam Selamat Pagi ini ada Panggung Tepi Sungai, Ruang Riang, Ruang Karya, Studio Kelanduan dan Lapakan Ekonomi Kreatif. Yang menarik adalah program Ruang Riang, ini merupakan sebuah bentuk kolaborasi antara penyelenggara Selamat Pagi bersama anak-anak Dusun Krapyak (tempat diselenggarakan acara ini). Aktivitasnya adalah menjadikan apa saja yang ada disekitar mereka untuk menjadi modal potensi karya.

Sudah ada produk yang dihasilkan dari Selamat Pagi ini. Salah satunya adalah sebuah album kompilasi yang berjudul 2500 Kalori. Secara umum, kompilasi ini membicarakan tentang pangan sebagai benang merah, total ada 15 band pengisi yang sebelumnya sudah pernah tampil di beberapa edisi Selamat Pagi.

 

teks: Adjust Purwatama
foto/dok: Adjust Purwatama