Kisah Derau dimulai sejak mengeluarkan EP perdana berjudul Boundaries Maret 2015. Selang empat tahun, band asal Jakarta ini kembali melanjutkan karir dengan sebuah single baru berjudul Long Haul (Befall). Ini menandakan kembali rutinnya mereka bermusik dan aktif mengumpulkan materi baru setahun terakhir.

Derau beranggotakan Jordi Farhansyah (Gitar/Vokal), Rizky Hidayat (Drum), Fahri Ali Imran (Piano/Synth), dan Muchamad Aditya Rachmanto (Bass). Sejak berdirinya di tahun 2012, Derau mencoba memadukan musik post-rock bising, ambient, serta contemporary classical yang berhasil ditransformasikan menjadi ciri khas mereka.

Long Haul (Befall) sendiri merupakan interpretasi perjalanan panjang seseorang dari satu titik ke titik lainnya yang penuh emosi. Bagi Jordi sendiri, penulis lagu ini, Long Haul (Befall) sangat spesial karena menangkap perasaan nostalgia akan masa lalunya yang bahagia. Tapi, para personil Derau sepakat bahwa para pendengar bisa bebas dalam menafsirkan makna lagu tersebut.

Peluncuran single ini menjadi sebuah gerbang bagi Derau untuk sesuatu yang lebih besar lagi ke depannya. “Kami sangat senang dan bersemangat dengan peluncuran single ini. Kami berharap ini jadi momentum untuk kami menyiapkan sesuatu yang jauh lebih baik,” ujar Jordi.

Long Haul (Befall) direkam di ALS Studio, Rempoa, dengan dibantu oleh Wendi Arintyo selaku sound engineer. Proses mixing dan mastering dilakukan di studio yang sama dan urusannya diserahkan kepada engineer handal Dimas Martokoesoemo. (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Derau