Di tahun 2018 ini, Folk Music Festival sudah masuk tahun keempat. Tahun ini, festival kembali dirayakan di Kawasan Kusuma Agrowisata, Batu di Jawa Timur.

Tahun lalu, ribuan orang datang dan tinggal seharian menikmati musik. Tahun ini, ada menu tambahan, literasi. Jadi, musik dan literasi digabung jadi satu.

Banyak nama-nama besar dan menarik yang mereka siapkan. Di bidang musik misalnya, ada Fourtwnty, Gardika Gigih, Adrian Yunan, Mondo Gascaro, Danilla, Jason Ranti, Monita Tahalea, Pohon Tua, Wake Up Iris! dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan juga beberapa nama yang terpilih dari program submission Gang of Folk Class of 2018.

Sementara itu, lini baru yang coba diperkenalkan tahun ini, literasi, datang dengan line up yang tidak bisa dibilang sederhana. Ada Fuad Abdulgani (Elemental Gaze) dan M.Istiqomah Djamad (Pusakata) untuk panel Folk Indonesia Timur, kemudian Aan Mansyur dan Mahfud Ikhwan di Literasi Indonesia Timur, lalu panel Semesta Online Media yang akan diisi oleh BaleBengong, vice.id serta Tirtor.id, hingga Sekelabat Festival yang menghadirkan nama-nama dibalik suksesnya festival seperti Rock In Celebes, Makassar International Writers Festival dan Jogja Asian Netpac Film Festival.

Beberapa sesi menarik lainnya juga tidak boleh dilewatkan. Seperti bermacam workshop yang tidak kalah seru, ada Cara-Cara Tidak Kreatif untuk Menulis Puisi, Biru Bercerita sampai Dramatic Reading. Satu yang terakhir, Papermoon Puppet Theatre, kelompok teater boneka kebanggaan Indonesia, juga turut beraksi di festival kali ini.

Folk Music Festival 2018 akan berlangsung pada 3-5 Agustus mendatang. Sedangkan untuk tiketnya sendiri akan dibagi kedalam beberapa kategori. Untuk Paket Literasi tanggal 3 Agustus dibanderol seharga Rp 75.000,- dan Paket Music untuk tanggal 4-5 Agustus dipatok sebesar Rp 250.000 untuk dua hari. Segeralah berencana. Mumpung harga tiket ke Malang belum menggila.

Jadi, jangan sampai melewatkan banyak cerita dan keseruan Folk Music Festival 2018. Kunjungi situs resmi Folk Music Festival untuk mengetahui informasi lengkap lainnya. Sampai jumpa di sejuknya Kawasan Kusuma Agrowisata!

teks: Yulio Abdul Syafik
grafis: Folk Music Festival 2018