Surabaya, seolah terikat pada fitrah lama sebagai kota rock. Kendati julukan seringkali tidak bertalian dengan fakta, namun Surabaya tetap bergeliat. Nama baru yang bisa dicek dan punya kaitan erat dengan musik rock adalah Electric Bird.

Band ini, telah merilis debut album penuh berjudul Stings You Hard. Electric Bird beranggotakan Danu (vokal dan bass), Vicky (gitar) dan Ari (bass). Selepas album dilepas, mereka sedang menyiapkan sebuah perjalanan tur untuk mempromosikan karya tersebut.

Single perdana dari Stings You Hard, berjudul War Dogs. Single ini dirilis tahun 2018 yang lalu. Di album berdurasi 45 menit itu, Electric Bird banyak berbicara tentang situasi sosial dalam format kritik tanpa solusi.

“Kami juga menulis beberapa fenomena, salah satunya genosida di Timur Tengah yang kami tuangkan dalam lagi East,” ucap Danu. Lanjutnya, tak luput band ini pun menggambarkan situasi berapi-apinya dalam berkarya lewat lagu Raging Fire.

Versi fisiknya telah didistribusikan secara terbatas. Jika kesulitan menemukannya, mungkin bisa langsung mengontak bandnya langsung. Versi digitalnya segera menyusul. (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Electric Bird